Kabar Duka, Legenda Atlet Panahan Kusuma Wardhani Meninggal Dunia


Kusuma Wardhani (paling kanan), salah satu anggota Tiga Srikandi Indonesia yang mengharumkan nama Merah Putih di Olimpiade Seoul 1988 tutup usia pada Minggu (12/11/2023). (KONI)

AKTUALITAS.ID – Kabar duka kembali datang menghampiri dunia olahraga Indonesia. Dikabarkan, Atlet panahan legendaris Indonesia Kusuma Wardhani meninggal dunia, pada Minggu (12/11/2023).

Mengutip dari situs resmi Persatuan Panahan Indonesia, anggota tiga srikandi Kusuma Wardhani  menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya di kawasan Kompleks Perumahan Toddopuli Nomor 22, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. 

Kusuma Wardhani  diketahui menderita penyumbatan pembuluh darah dan hipertensi. Dari informasi yang dihimpun, perempuan yang menyabet mendali pertama dalam Olimpiade Seoul 1988 sempat dirawat di Rumah Sakit Hermina, Makassar. 

Namun tuhan berkendak lain, atlet yang pernah mencatatkan sejarah dengan raihan medali perak itu harus tutup usia di umurnya yang ke 59 tahun.

“Kami semua merasa sangat kehilangan dan tetap akan mewarisi spirit, dedikasi, dan cita-cita yang masih belum terwujud dari perjuangan sosok Kusuma Wardhani,” tulis Persatuan Panahan Indonesia dalam websitenya.

Kusuma Wardhani bersama dengan dua rekannya Nurfitriyana Saiman, dan Lilies Handayani merupakan peraih medali pertama Indonesia pada gelaran Olimpiade sejak keikutsertaan tim Merah Putih di Olimpiade 1952.

Tiga srikandi Indonesia meraih medali perak Panahan pada Olimpiade tahun 1988 di Seoul, Korea Selatan. Peran dari trio Srikandi Indonesia tersebut di Olimpiade membuka rentetan sejarah Indonesia untuk menorehkan tinta emas di ajang olahraga paling bergengsi tersebut.

Setelah meraih medali perak di Olimpiade 1988, empat tahun berselang Indonesia mampu menorehkan medali emas melalui bulu tangkis lewat Susy Susanti dan Alan Budikusuma yang menjadi “pengantin emas” di Olimpiade 1992 Barcelona. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>