Berkendara Aman di Jalan Tol, Perhatikan Tips Berikut Ini!


Ilustrasi Berkendara di jalan tol (IST)

AKTUALITAS.ID – Saat berkendara di jalan tol, diperlukan konsentrasi yang lebih tinggi. Karakteristik jalur bebas hambatan, cenderung membuat pengendara bersikap santai dan berkecepatan tinggi serta menyepelekan banyak hal.

Padahal, berkendara di jalan tol justru membutuhkan konsentrasi tinggi. Pasalnya, seluruh kendaraan yang melintas di jalan tol diwajibkan untuk melaju dengan batas minimal dan maksimal, sehingga risiko berbahaya pun mengalami peningkatan.

 Berikut ini tips berkendara aman di jalan tol yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memeriksa Kondisi Kendaraan

Sebelum perjalanan, periksalah kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu. Terutama saat menggunakan jalan tol karena Anda harus mematuhi aturan kecepatan.

Pastikan kendaraan dalam kondisi baik karena perjalanan melibatkan rute antarkota dan antarprovinsi yang cukup jauh.

2. Memeriksa Kondisi Kesehatan

Bukan hanya kondisi kendaraan yang prima melainkan kondisi pengendara juga harus dalam keadaan sehat. Kondisi kesehatan dalam berkendara sangat penting karena bisa memengaruhi kemampuan dan konsentrasi untuk mengemudi dengan aman serta meminimalkan risiko kecelakaan

3. Siapkan Kartu Tol

Masuk ke jalan tol memerlukan akses kartu atau sering dikenal e-tol. Pastikan Anda menyiapkan dana pada kartu tol karena setiap jalan tol nilai pembayarannya akan berbeda-beda.

4  Istirahat yang Cukup

Setelah melakukan perjalanan jauh, sebaiknya hindari mengemudi saat merasa kantuk, terutama di jalan tol. Pastikan tubuh istirahat cukup sebelum memulai perjalanan panjang, termasuk perjalanan di jalan tol.

5. Atur Kecepatan

Mengatur kecepatan selama berkendara tidak kalah pentingnya dalam menjaga keselamatan berkendara. Ketika kondisi jalanan sedang hujan atau berkabut, pengendara harus mengurangi kecepatan, karena jika memacu kendaraan pada cuaca yang ekstrem bisa membahayakan diri dan pengendara lain.

6. Mengetahui Rute

Setiap jalan tol memiliki rute tersendiri, jadi sebagai pengendara yang akan memasuki jalan tol penting untuk mempelajari rute-rute yang akan ditempuh. Hal ini juga berguna agar tidak salah jalan, karena ketika sudah memasuki jalan tol Anda sudah tidak bisa memutar balik kendaraan.(Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>