Tips Listrik Aman di Rumah Saat Ditinggal Liburan


Seorang petugas memeriksa box panel listrik di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Tegal, Jawa Tengah, Selasa (7/2/2023). (ANTARA).

AKTUALITAS.ID – Menyambut Tahun Baru 2024, masyarakat biasanya akan menghabiskan waktu untuk berlibur ke tempat wisata dengan keluarga. Sebelum meninggalkan rumah untuk bepergian, sebaiknya pastikan listrik rumah tidak mengalami gangguan.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan tips aman saat meninggalkan rumah agar tidak korsleting listrik pada Liburan.

Setiap hendak meninggalkan rumah, sebaiknya cek dulu peralatan listrik, mulai dari stop kontak, kabel, hingga peralatan elektronik lainnya, pastikan semua dalam keadaan aman.

Berikut ini tips listrik aman di rumah saat ditinggal liburan Tahun Baru 2024.

1. Lepaskan semua colokan listrik

Sebelum liburan Tahun Baru 2024, pastikan untuk mencabut semua colokan listrik di rumah agar menghindari risiko korsleting dan kebakaran. Jangan lupa memeriksa dan mematikan perangkat elektronik.

Colokan yang harus dicabut mulai dari AC, kipas angin, rice cooker, televisi, komputer, dan lain-lainnya.

2. Jauhkan peralatan listrik dari air

Tempatkan peralatan listrik jauh dari air, hindari penempatan dekat dengan sumber air. Pastikan peralatan tersebut diletakkan tinggi dan aman. Tutup stop kontak yang tidak digunakan untuk mengurangi risiko korsleting.

3. Isi token atau bayar tagihan listrik

Masyarakat yang ingin pergi meninggalkan rumah, pastikan listrik dalam kondisi aman. Pelanggan prabayar bisa mengisi token listrik terlebih dahulu sebelum bepergian.

Begitu juga bagi pelanggan pasca bayar, bisa membayar dahulu tagihan listrik sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk menghindari listrik padam.

4. Jangan menumpuk steler dan kabel

Hindari menumpuk steker dan kabel, karena hal ini dapat menyebabkan panas berlebih yang berpotensi menyebabkan korsleting. Susun kabel dengan rapi dan berikan ruang cukup untuk setiap steker agar mengurangi risiko arus pendek.

5. Titipkan tetangga

Minta bantuan tetangga yang tinggal di sekitar untuk mengawasi rumah Anda selama liburan. Mereka juga dapat membantu menghidupkan atau mematikan lampu jika perlu.

6. Jangan biarkan beban sekring terlalu berat

Lepaskan alat elektronik yang tidak digunakan atau tambahkan daya listrik rumah untuk mencegah gangguan yang dapat menyebabkan korsleting listrik. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>