Gudang Ban Bekas di Medan Terbakar, Kerugian Hingga Ratusan Juta Rupiah


Ilustrasi kebakaran (Freepik)

AKTUALITAS.ID – Kebakaran hebat terjadi di Jalan M Basir Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan, tepatnya di gudang pengolahan ban luar bekas, Kamis (16/11/2023). 

Kebakaran sudah terjadi sejak pukul 14.00 WIB siang, namun hingga kini belum juga padam.

Di lokasi kebakaran, tampak kobaran api terus membesar setinggi lebih dari sepuluh meter. Kepulan asap hitam tebal pekat pun membumbung tinggi ke udara.

Kencangnya tiupan angin dan banyaknya tumpukan ban membuat kobaran api makin membesar. Hal itu membuat warga sekitar yang rumahnya berdekatan dengan gudang ban pun terlihat panik dan berusaha mengeluarkan barang-barang berharga dari rumah mengantisipasi kobaran api menjalar ke rumah mereka.

Dedi, warga sekitaran lokasi menyebutkan, peristiwa kebakaran gudang pengolahan ban bekas ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Saat itu pemilik rumah yang persis berasa di samping gudang tiba-tiba melihat api tiba-tiba membesar membakar tumpukan ban bekas.

Mengetahui api makin membesar, pekerja gudang ban tersebut pun kabur. Warga sekitar lokasi yang mengetahui ada kebakaran langsung berusaha menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran yang menerima laporan adanya kebakaran langsung turun di lokasi kebakaran dibantu warga berjibaku memadamkan korban api.

Dedi juga mengatakan, sebelum api membesar membakar gudang pengolahan ban bekas, warga melihat karyawan gudang melakukan pembakaran ban di sekitar lokasi gudang.

“Tadi dapat informasi dari dari pihak rumah, dia melihat karyawan di sini membakar ban,” kata Dedi, di lokasi kebakaran.

Saat ini, petugas pemadam kebakaran Pemerintah Kota Medan masih berupaya melakukan pemadaman kobaran api di lokasi kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Yunus saat dikonfirmasi mengatakan hingga kini masih berada di lokasi dan pemadaman api masih dilakukan di area tersebut hingga malam ini.

Pihaknya belum bisa melakukan konfirmasi lebih lanjut mengenai jumlah mobil damkar yang diterjunkan.

Hingga pukul 17.30 WIB kobaran api masih terlihat membara di lokasi kebakaran. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran terjadi dan kini masih dalam proses penyelidikan pihak Kepolisian Sektor Medan Labuhan.

Diduga kuat, api berasal dari sisa pembakaran yang lupa dimatikan oleh karyawan saat ditinggal beristirahat tidur siang hingga menjalar ke tumpukan ban yang ada di dalam gudang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran gudang ban bekas ini. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>