Update! Empat Awak Pesawat Jatuh di Pasuruan Ditemukan Meninggal Dunia


Pesawat milik TNI AU yang Jatuh di Pasuruan, Jawa Timur.(IST)

AKTUALITAS.ID – Tim gabungan TNI, Polri, BPBD, dan Basarnas berhasil mengevakuasi empat awak pesawat tempur TNI AU yang jatuh di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). 

Keempatnya yaitu Letkol Pnb Sandhra “Chevron” Gunawan (Komandan Skadron Udara 21), Kolonel Pnb Subhan (Danwing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh), Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya (Kepala Dinas Personel Lanud Abdulrachman Saleh), dan Mayor Pnb Yuda A. Seta.

“Total ada empat orang dalam dua pesawat yang jatuh itu. Jadi, satu pesawat masing-masing ada dua orang,” kata Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto.

Gatot menegaskan, empat awak pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Meski demikian, ia memastikan kondisi tubuh keempat korban ditemukan dalam keadaan utuh.

“Jenazah sudah dievakuasi, dan sudah kita serahkan ke pihak TNI AU,” ujarnya.

Sebelumnya, petugas sempat kesulitan untuk mengevakuasi kedua korban yang berada di Kecamatan Lumbang. Pasalnya, medan yang terjal dan sulit dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat menjadi kendala utamanya.

Diketahui, kedua pesawat yang bertabrakan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat terjatuh, kedua pesawat tersebut berada pada titik yang berbeda. Saat ini petugas dari TNI sedang melakukan penyisiran guna mengamankan sejumlah bangkai pesawat yang tercecer akibat kecelakaan tersebut.

Pesawat TT-3111 terjatuh di Kecamatan lumbang dengan dua orang korban di dalamnya, yakni Letkol PnB Sandhalra Gunawan yang berada di posisi frontseater dan Kolonel Adm Widiono yang berada di posisi backseater. Sedangkan, korban pesawat TT-3103 yang terjatuh di Kecamatan Puspo, yakni Mayor Pnb Yuda A Seta sebagai frontseater dan Kolonel Pnb Subhan sebagai backseater. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>