Hasil Piala Dunia U-17: Menang Tipis Atas Inggris, Brasil Lolos Ke Babak 16 Besar 


Brasil mengalahkan Inggris di fase grup Piala Dunia U-17 2023. (ANTARA FOTO)

AKTUALITAS ID – Brasil menang tipis 2-1 atas Inggris pada laga ketiga grup C Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (17/11). Hasil ini membuat Brasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Sedang, kekalahan ini tidak mengubah posisi Inggris di puncak klasemen dengan koleksi enam poin. Tim asuhan Ryan Garry berhak lolos sebagai juara grup karena unggul selisih gol atas Brasil yang finis sebagai runner up dan Iran menempati posisi ketiga dengan sama-sama mengoleksi enam poin.

Pertandingan tersebut sejatinya menjadi laga krusial bagi Brasil. Mereka harus menang untuk bisa lolos otomatis ke perdelapan final.

Meski Brasil lebih banyak menyerang, namun Inggris lebih dulu mendapatkan peluang emas. Di menit ke-20, pemain nomor 19 Inggris melepaskan sepakan voli yang sayangnya membentur tiang gawang.

Enam menit kemudian, penyerang Inggris, Matty Warhurst, mendapatkan peluang. Hanya saja sundulannya masih bisa diselamatkan kiper Brasil.

Pun demikian, Brasil akhirnya mencetak gol lebih dulu di menit ke-43. Adalah pemain Fluminense, Kaua Elias, yang membuka keunggulan Selecao memanfaatkan umpan Estevao.

Memasuki babak kedua, Inggris berusaha mengurung Brasil. Adapun Brasil cenderung bertahan dengan formasi 4-5-1.

Alih-alih mendapatkan gol balasan, Inggris justru kebobolan di menit ke-53. Dalam skema serangan balik, Brasil mencetak gol kedua melalui pemain bertahannya, Da Mata.

Inggris membalas di menit ke-71 melalui titik penalti setelah wasit melakukan pengecekan VAR. Pemain Manchester City, Joel Ndala, sukses melakukan eksekusi dengan mengarahkan bola ke sisi kanan atas gawang Philipe Gabriel.

Skor 2-1 tak berubah meski waktu tambahan mencapai 15 menit. Hasil ini membuat Brasil dan Inggris lolos ke babak 16 besar sebagai juara dan runner-up grup C. (Rafi)

Susunan pemain:

Inggris (4-2-3-1): Tommy Setford; Josh-Kofi Acheampong, Harrison Murray-Campbell, Jayden Meghoma; Michael Golding, Finley McAllister; Justin Oboavwodou, Sam Amo-Ameyaw, Joel Ndala; Matty Warhurst.

Pelatih: Ryan Garry.

Brasil (4-2-3-1): Philipe Gabriel; Joao Henrique, Vitor Reis, Da Mata, Pedro Lima; Lucas Camilo, Sidney; Rayan, Dudu, Estevao; Elias Kaua. 

Pelatih: Phelipe Leal.   

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>