China Luncurkan Internet Super Cepat di Dunia, 3 Kali Lebih Cepat dari Teknologi AS


Ilustrasi. Internet dunia (ist)

AKTUALITAS.ID – China merupakan salah satu negara yang dikenal dengan perkembangan teknologi paling signifikan di dunia. Berbagai inovasi yang dikembangkan Negeri Tirai Bambu mampu mengubah industri global karena mampu menciptakan terobosan baru.

Belakangan ini China dikabarkan telah berhasil membangun internet super cepat di dunia yang disebut tiga kali lebih cepat dari teknologi terbaik Amerika Serikat. Hal ini karena kecepatan internet tersebut dapat mengunduh 150 film per detik.

Dengan begitu, pencapaian prestasi negara China telah menghancurkan prediksi para ahli yang mengatakan bahwa jaringan 1 terabit per detik tidak akan muncul hingga tahun 2025.

Sebagai informasi, hampir semua jaringan backbone di dunia beroperasi pada kecepatan 100 gigabit per detik, termasuk dengan jaringan di Amerika Serikat yang mencapai 400 gigabit per detik.

Inovasi Internet Super Cepat China

Internet super cepat merupakan sebuah kolaborasi antara Universitas Tsinghua, China Mobile, Huawei Technologies dan Cernet Corporation. Mereka telah berhasil membangun infrastruktur ambisius yang membentang sepanjang 1.860 mil kabel serat optik.

Infrastruktur ini menghubungkan Beijing di bagian utara, Wuhan di bagian tengah dan Guangzhou di provinsi selatan Guangdong. Ketiga wilayah tersebut merupakan bagian dari China’s Future Internet Technology Infrastructure (FITI).

FITI adalah proyek yang telah berlangsung selama 10 tahun dan menjadi versi terbaru dari China Education and Research Network (Cernet).

Jalur super cepat ini juga akan memberikan China sebuah teknologi canggih untuk membangun infrastruktur internet massal yang lebih cepat lagi.

Sementara itu, internet yang dikembangkan mirip dengan kereta api super cepat yang menggantikan 10 jalur kereta biasa untuk membawa jumlah data yang sama. Hal ini membuatnya jauh lebih murah dan lebih mudah untuk dikelola.

Internet super cepat menandai kemajuan China dan menempatkannya sebagai negara yang jauh lebih maju dibandingkan Barat dalam hal perkembangan teknologi. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>