DPR Gelar Rapat Paripurna Besok, Tetapkan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI 


Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (tengah) saat akan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi I DPR RI di gedung Parlemen, Jakarta, Senin, 13 November 2023. (Dok. Antara)

AKTUALITAS.ID – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menggelar Sidang Paripurna pada Selasa, 21 September 2023 besok. Sidang paripurna akan menetapkan Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono.

“Jadi, Insya Allah besok DPR RI akan melakukan sidang paripurna terkait Panglima TNI untuk menetapkan atau menyetujui usulan dari presiden terkait penggantian Panglima TNI yang akan datang,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/11/2023).

Puan Maharani menjelaskan penetapan Agus perlu segera dilakukan mengingat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

“Kalau sesuai aturan itu sesuai dengan ulang tahun beliau (Yudo) yang nantinya jatuh pada 26 November, jadi sebelum beliau memasuki masa pensiun, segera ada pengganti nama calon panglima TNI,” ujar Puan.

Dalam agenda rapat paripurna ke-9 masa persidangan II tahun sidang 2023-2024, salah satu agenda yang akan diputuskan adalah hasil tes uji kelayakan dan kepatutan yang sudah dilakukan Komisi I DPR kepada Agus.

“Terkait panglima TNI, untuk menetapkan atau menyetujui usulan dari presiden terkait penggantian panglima TNI yang akan datang,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai panglima TNI setelah melewati uji kepatutan dan kelayakan, Senin (13/11/2023).

“Komisi I DPR memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membacakan hasil rapat terkait dengan uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI.

Dalam rilis yang dibagikan Asisten Personel (Aspers) panglima TNI, Jenderal Agus akan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (22/11/2203). (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>