Antisipasi Banjir, BPBD DKI Sediakan Perahu Karet di Setiap Kelurahan


Petugas BPBD DKI Jakarta menyiapkan perahu karet untuk menangani dampak banjir. (ANTARA/HO-BPBD DKI Jakarta)

AKTUALITAS.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyediakan perahu karet di setiap kelurahan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan evakuasi saat terjadi banjir saat musim penghujan. 

“Langkah antisipasi sudah dilakukan, perahu karet sudah disiagakan bahkan simulasi penanganan banjir juga sudah. Saat ini intensitas hujan masih tergolong rendah hingga sedang dengan waktu rata-rata dari setengah sampai satu jam,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji saat dikonfirmasi, Sabtu (25/11/2023). 

Ia mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau perkembangan curah hujan. Meski puncak musim hujan diprediksi pada Januari-Febuari 2024. 

“Potensi genangan tetap ada, khususnya di 25 wilayah dekat bantaran sungai seperti Kelurahan Kalibata, Jatinegara, Cipulir, dan Cipayung. Khusus di daerah itu kami sudah lebih meningkatkan kewaspadaan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi menghadapi banjir,” kata Isnawa.

“Khusus di daerah tersebut, kami telah meningkatkan kewaspadaan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi dan menghadapi banjir,” tambahnya.

Tidak hanya mempersiapkan secara struktural dengan menyiagakan peralatan dan personel, BPBD juga melibatkan tindakan preventif seperti pengerukan dan normalisasi waduk, pemompaan area genangan, serta pemantauan pintu air sepanjang tahun untuk mengurangi risiko banjir.

Selain itu, bagian hulu sungai terus dipantau saat hujan, sehingga respons cepat dapat dilakukan untuk mengatasi potensi risiko.

Isnawa optimistis bahwa dampak musim hujan, khususnya pada puncaknya, dapat diatasi dengan baik dan mampu meminimalisir kerugian dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami berdoa agar cuaca tidak terlalu ekstrem dan jika ada hujan, intensitasnya mungkin sampai sedang. Jika terjadi genangan atau banjir, upaya-upaya yang telah dilakukan diharapkan dapat membuat air cepat surut,” pungkasnya. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>