Pemkot Semarang Optimis Persediaan Bahan Pokok Aman Jelang libur Nataru 2024


Ilustrasi. Kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional. (istimewa)

AKTUALITAS.ID – Pemkot Semarang optimistis persediaan kebutuhan aman jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru (nataru) 2024. Bahan pangan cukup tersedia dengan harga terjangkau.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, Jumat (1/12/2023).

“Kebetulan ada Pak Rahman yang seminggu sekali keliling, dan kondisi untuk sembakonya aman, termasuk kami kerja sama dengan Bank Indonesia membuat Toko Pandawa Kita di Pasar Kanjengan,” kata Fajar.

Fajar mengatakan, komunikasi dengan berbagai intansi juga dilakukan secara masif. Salah satunya Depot Logistik (Dolog) untuk melakukan operasi pasar bila dibutuhkan.

“Kami optimistis aman terkendali, apabila ada kekurangan akan kami komunikasikan dengan Dolog untuk melakukan penetrasi pasar dengan pasar murah,” ujarnya.

Belajar dari pengalaman, kata Fajar, sejak akhir 2022, Dinas Perdagangan jarang melakukan operasi pasar murah. Pasalnya, Kota Semarang memiliki program khusus yang disebut Pak Rahman. Kepanjangan dari Pasar Pangan Rakyat Murah dan Aman, dinilai berhasil menjaga inflasi dalam konsep ketahanan pangan.

“Alhamdulillah kami jarang menggelar pasar murah, karena punya Pak Rahman di tiap kelurahan maupun kecamatan yang efektif ikut menekan harga kebutuhan pokok,” jelasnya.

“Itulah yang membuat Kota Semarang menjadi terbaik dalam penanganan inflasi, karena program Bu Wali terus memantau seberapa banyak kenaikan, dan mengupayakan langkah antisipasi,” imbuhnya.  

Pihaknya menegaskan kembali akan menjamin stok kebutuhan pokok jelang akhir tahun. Dia meminta masyarakat tak perlu khawatir terkait kelangkaan dan mahalnya harga di saat libur Hari Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2014. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>