Apakah Minum Teh Hijau Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Dokter


Ilustrasi. Teh hijau . (ist)

AKTUALITAS ID – Impian memiliki tubuh yang ideal menjadi dorongan bagi banyak orang untuk melakukan berbagai cara demi mencapai tujuan tersebut. Salah satu tren yang sedang populer adalah konsumsi teh hijau sebagai upaya menurunkan berat badan.

Teh hijau atau green tea dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, minuman ini juga dikenal karena banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk menjadi sumber antioksidan.

Rutin konsumsi teh hijau disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, jenis minuman yang satu ini cocok bagi orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal.

Namun, benarkah teh hijau memiliki khasiat untuk membantu proses penurunan berat badan? Menurut penjelasan dr Nadia Alaydrus, yang dikutip dari The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan yang dibutuhkan dalam teh hijau untuk mendukung penurunan berat badan adalah 270 mg/hari untuk Epigallocatechin Gallate (EGCG) dan 150 mg/hari untuk kafein.

“Dalam teh hijau, terdapat kandungan kafein dan katekin. Senyawa ini dapat mempercepat metabolisme selama 2 jam,” ujar dr Nadia Alaydrus melalui akun TikTok @nadialaydrus Jumat (8/12/2023).

Lebih lanjut, dr Nadia menjelaskan bahwa kandungan katekin dalam teh hijau dapat memicu penurunan berat badan dengan cara membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Hasil studi riset menunjukkan bahwa minum teh hijau dua kali sehari dapat membakar ekstra 50 kalori per hari.

Meski demikian, dr Nadia menekankan bahwa konsumsi teh hijau saja tidak cukup untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan. Penting untuk disertai dengan pola makan teratur dan gaya hidup sehat. 

“Jadi bukan cuma minum teh hijau, harus diatur juga pola makannya, seperti mengurangi karbohidrat, memperbanyak protein, dan juga olahraga. Karena kalau cuma minum teh doang pasti lama turun berat badannya,” tambahnya.

Dalam upaya menurunkan berat badan, dr Nadia Alaydrus memberikan penekanan bahwa kombinasi antara konsumsi teh hijau, pola makan sehat, dan aktivitas fisik adalah kunci keberhasilan. Meskipun teh hijau dapat memberikan kontribusi positif, tetapi keseluruhan gaya hidup yang sehat akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Meskipun tren konsumsi teh hijau terus berkembang, penting untuk selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup. Keberhasilan menurunkan berat badan bukan hanya tentang satu elemen, melainkan kombinasi dari berbagai faktor yang seimbang. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>