Jokowi Bakal Hadiri Puncak Peringatan Hakordia 2023 di Istora Senayan


Ilustrasi. Gedung KPK (ist)

AKTUALITAS.ID – KPK akan memperingati hari anti-korupsi sedunia (Hakordia) 2023 yang jatuh pada 9 Desember 2023. 

Namun, puncak peringatan Hakordia bakal diselenggarakan KPK pada 12-13 Desember 2023 di Istora Senayan, Jakarta. Presiden Jokowi akan menghadiri peringatan tersebut.

“Kami sudah dapat konfirmasi dari sekretariat presiden bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dalam acara ini. Tentu saja sangat menggembirakan di tengah kondisi kita seperti sekarang ini,” ujar Ketua Panitia Peringatan Hakordia 2023 Eko Marjono, dikutip, Sabtu.

Peringatan Hakordia tahun ini mengusung tema  “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju”.

“Kenapa kami memilih tema ini? Karena sebagaimana kita ketahui bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak bisa berjalan sendiri. Harus ada sinergi di antara tenaga hukum KPK, kepolisian, dan kejaksaan,” ucap Eko.

“Kemudian juga instansi pemberantasan korupsi maupun segenap lapisan masyarakat sehingga upaya pemberantasan korupsi dapat berjalan secara efektif dan efisien,” tambah Plt. Deputi Informasi dan Data KPK itu.

Sebelumnya, berbagai kegiatan road to Hakordia juga telah digelar KPK di berbagai wilayah, di antaranya di Aceh dan Papua.

Pada puncak peringatan Hakordia akan diisi dengan sejumlah pemaparan termasuk dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berkaitan dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Selain itu, ada pula kegiatan seminar dan workshop yang di antaranya terkait dengan perempuan antikorupsi, peran komite advokasi daerah dalam upaya pencegahan korupsi, kegiatan-kegiatan yang lain untuk upaya pemberantasan korupsi.

Lebih lanjut, Eko mengajak seluruh masyarakat untuk turut hadir pada peringatan Hakordia 2023.

“Kami mengundang seluruh masyarakat karena kegiatan terbuka secara umum, maupun pegawai kementerian dan lembaga untuk hadir secara langsung. Sama-sama kita berpartisipasi dalam upaya pemberantasan korupsi di antaranya dengan cara menghadiri acara ini,” pungkasnya. (RAFI) 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>