Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Kembali Raih Pemain Terbaik FIFA 2023


Kapten timnas Argentina Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia setelah Argentina mengalahkan Prancis dalam final Piala Dunia 2022. (AFP)

AKTUALITAS.ID – Megabintang sepak bola Lionel Messi kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan pemain terbaik FIFA untuk kategori pemain pria untuk kali ketiga pada Senin (15/1/2024) dalam acara yang digelar di London, Inggris. Pemain yang kini berkiprah di Inter Miami ini berhasil mengungguli Erling Haaland dari Manchester City dan rekan setimnya di PSG, Kylian Mbappé.

Prestasi Messi ini diukur dari periode 19 Desember 2022, sehari setelah ia memimpin Argentina meraih gelar Piala Dunia di Qatar, hingga 20 Agustus 2023. Messi mendapatkan penghargaan ini terutama atas kontribusinya bersama PSG, membantu klub Prancis itu meraih gelar Ligue 1 sekali lagi, sebelum pindah ke MLS pada bulan Juli dan menginspirasi Miami meraih trofi pertama mereka, Leagues Cup.

Di kancah internasional, Messi turut membantu Argentina menduduki puncak klasemen kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 CONMEBOL setelah enam pertandingan. Namun, Messi tidak hadir secara langsung di London untuk menerima penghargaan tersebut.

Lionel Messi menjadi pemain sepak bola pertama yang memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA (The Best FIFA Men’s Player) sebanyak tiga kali.

Tiga nominasi untuk penghargaan ini disusun oleh FIFA, bekerja sama dengan “stakeholder sepak bola,” dengan daftar pendek yang ditentukan oleh dua panel terpisah yang terdiri dari mantan pemain dan pelatih. Pemenang penghargaan ini kemudian dipilih melalui voting yang diikuti oleh jurnalis, penggemar, kapten tim nasional, dan manajer.

Penghargaan ini merupakan gelar FIFA The Best ketiga Messi, setelah yang pertama ia raih pada tahun 2019 dan yang kedua tahun lalu. Ia juga telah memenangkan Ballon d’Or sebanyak delapan kali, sebuah rekor.

Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh gejolak bagi Messi. Di paruh pertama, ia memenangkan liga Prancis untuk kedua kalinya, namun mendapatkan cemoohan dari para penggemar dalam pertandingan terakhirnya setelah PSG tersingkir di babak 16 besar Liga Champions untuk kedua kalinya berturut-turut.

Puncak musim Messi terjadi setelah ia bergabung dengan Miami pada bulan Juli, di mana ia dengan cepat menginspirasi tim tersebut meraih Leagues Cup melalui serangkaian penampilan heroik, meskipun klub tersebut gagal lolos ke Playoff MLS. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>