Pesawat Smart Aviation yang Hilang Kontak Ditemukan di Kalimantan Utara


Lokasi ditemukannya puing puing pesawat PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh dan terlihat api seperti api unggun di Binuang, Kalimantan Utara, Sabtu (9/3). (Basarnas)

AKTUALITAS.ID – Tim SAR gabungan berhasil menemukan puing-puing pesawat PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang sebelumnya hilang kontak. Insiden tragis ini terjadi di wilayah Binuang, Kalimantan Utara. 

Dalam upaya penyelamatan yang terus berlangsung, petugas juga menemukan tanda api unggun di sekitar lokasi serpihan pesawat, yang diduga dibuat oleh korban yang masih hidup untuk memberikan tanda keberadaan.

Menurut Komandan Lanud Anang Busra Kota Tarakan, Kolonel Pnb Bambang Sudewo, dan Kepala Basarnas Kota Tarakan Syahril, pesawat milik Smart Aviation tersebut hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan. Pesawat yang menuju ke Binuang, Krayan, Nunukan, membawa dua penumpang, yaitu Capt. M Yusuf (29) dan Deni S. (35).

Meskipun tim penyelamat telah berusaha dengan menggunakan helikopter BELL 412 EPI REG. HA. 5224 untuk mengirimkan perbekalan dan makanan ke lokasi, namun upaya tersebut terhambat oleh kondisi cuaca buruk. Kabut dan hujan di sekitar lokasi pesawat jatuh membuat helikopter tidak dapat melaksanakan penerjunan bantuan.

Saat ini, Posko Gabungan Tarakan dan Posko Gabungan Malinau terus berkoordinasi secara daring untuk mengatur upaya penyelamatan yang lebih lanjut. Masyarakat dan pihak terkait diminta untuk terus mendukung dan mendoakan agar upaya penyelamatan dapat berjalan lancar dan korban segera ditemukan dalam keadaan selamat. 

Tim SAR berharap dapat segera menemukan Capt. M Yusuf dan Deni S. serta membawa mereka kembali kepada keluarga dengan selamat. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>