Jokowi Laporkan Peningkatan Kekayaan dalam LHKPN Terbaru Capai Rp95,8 M


Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Kalimantan Barat dalam rangka kunjungan kerja melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Dok Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbarunya untuk tahun 2023 kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan tersebut mengungkapkan peningkatan signifikan dalam kekayaan Presiden Jokowi sebesar Rp13,4 miliar dalam satu tahun terakhir.

Menurut informasi yang diambil dari laman resmi e-LHKPN KPK, harta kekayaan Jokowi yang dilaporkan mencapai Rp95,8 miliar. Namun, karena masih dalam tahap verifikasi, belum ada penjelasan detail mengenai aset-aset tersebut.

Dibandingkan dengan laporan sebelumnya pada tanggal 17 Maret 2023, kekayaan Jokowi telah meningkat dari Rp82,3 miliar menjadi Rp95,8 miliar. Kekayaan ini terdiri dari berbagai aset bergerak dan tidak bergerak, termasuk tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, dan Jakarta Selatan.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melaporkan kepemilikan delapan unit kendaraan dengan total estimasi harga mencapai Rp432.000.000. Kendaraan-kendaraan ini, termasuk mobil dan motor, merupakan hasil sendiri dari usaha dan investasi Presiden.

Dengan demikian, peningkatan kekayaan yang dilaporkan oleh Presiden Jokowi menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam periode satu tahun terakhir, namun perlu ditunggu hasil verifikasi lebih lanjut dari KPK untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kekayaan tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>