Lonjakan Wisatawan di Pantai Gunungkidul Diprediksi Saat Libur Lebaran 2024


Objek wisata Pantai Ngandong di Kabupaten Gunungkidul. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tengah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif menyambut lonjakan wisatawan yang diprediksi akan terjadi saat libur Lebaran tahun 2024. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pengunjung serta memastikan ketersediaan lahan parkir yang memadai.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Supriyanta, setiap libur Lebaran selalu terjadi peningkatan kunjungan wisatawan di kawasan destinasi wisata pantai. 

Supriyanta menjelaskan, “Kami memetakan peningkatan kunjungan wisatawan di setiap kawasan destinasi wisata pantai. Hal ini untuk memastikan personel yang disiagakan hingga lahan parkir untuk kendaraan wisatawan.”

Pada libur Lebaran tahun sebelumnya, Gunungkidul mencatat jumlah wisatawan mencapai 138.003 orang. Diperkirakan pada tahun ini akan terjadi lonjakan signifikan, mengingat kondisi infrastruktur jalan yang semakin baik dan terintegrasi.

“Pantai Baron dan Pulang Syawal selalu menjadi primadona kunjungan wisatawan,” ujar Supriyanta. 

Namun demikian, tingkat kunjungan juga sangat dipengaruhi oleh iklim dan kondisi alam di wilayah pantai selatan Gunungkidul.Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, juga menyampaikan prediksi adanya kepadatan lalu lintas khususnya di area wisata pantai selama libur Lebaran. 

“Pos jalur wisata ditempatkan di enam titik jalur menuju wisata pantai untuk mengatasi kemungkinan kepadatan lalu lintas,” ungkap Bayu.

Langkah-langkah antisipatif yang dilakukan Dishub meliputi pendirian pos terpadu, perbaikan jalan, rambu keselamatan, dan peningkatan penerangan jalan umum di sejumlah titik destinasi wisata pantai Selatan Gunungkidul. 

Semua langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengalaman wisata para pengunjung serta menjaga keselamatan dan kenyamanan selama libur Lebaran. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>