Sandiaga Dorong Maskapai Tambah Penerbangan Jelang Nataru 


Ilustrasi Maskapai Penerbangan (IST)

AKTUALITAS ID – Pemerintah telah mendorong sejumlah maskapai untuk menambah jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi pesawat menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (libur nataru).

Hal itu dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno, bahwa penambahan jumlah penerbangan dan kapasitas kursi adalah hasil lobi pemerintah terhadap maskapai-maskapai sebagai salah satu solusi masalah mahalnya tiket pesawat jelang libur nataru.

“Garuda sudah mulai menambah, Citilink nambah, Batik menambah, Lion juga nambah, Super Air Jet dan Air Asia mereka menambah,” kata Sandiaga di Moyudan, Sleman, DIY, Minggu (12/11).

“Termasuk juga yang baru-baru seperti Transnusa dan beberapa maskapai baru yang nanti akan mulai di 2023 akhir, 2024 mulai melayani rute-rute yang favorit untuk wisatawan,” tambahnya.

Sandiaga pun berharap penambahan penerbangan itu bisa membuat harga tiket pesawat saat  libur nataru nanti terjaga dan stabil terjangkau.

“Karena dengan penambahan jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi maka suplai akan bertambah dan di nataru kita harapkan harga stabil dan bisa terjangkau,” ujarnya.

Destinasi liburan alternatif

Di satu sisi, Sandi justru melihat ada peluang dari naiknya permintaan dan harga tiket pesawat saat libur nataru. Dia melihat itu sebagai sebuah peluang bagi destinasi wisata lainnya untuk kebanjiran kunjungan wisatawan selama libur akhir tahun.

Pasalnya, ada kecenderungan wisatawan beralih ke moda transportasi darat sebagai alternatif mahalnya tiket pesawat.

“Dan 80 persen dari wisatawan nataru itu menggunakan transportasi darat dan ini justru peluang bagi destinasi seperti Jogja, Bandung, Bromo, Tengger, Semeru dan di Jawa Bali ini yang bisa dijangkau dengan jalur darat,” kata Sandi.

Di sisi lain, kementeriannya telah menyiapkan sederet agenda wisata menjadi magnet para wisatawan untuk menghabiskan masa libur akhir tahun.

“Jadi kita juga menyiapkan destinasi-destinasi dan pola-pola perjalanan, sehingga nataru ini akan membawa pergerakan wisatawan yang masif sehingga target wisatawan nusantara kita bisa tercapai,” pungkasnya. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>