Pemerintah India Mulai Izinkan Masuk Wisatawan Asing yang Telah Divaksinasi Penuh


India memutuskan lockdown mulai 25 Maret-14 April 2020 (Foto: Getty Images/Getty Images)

India mulai mengizinkan wisatawan asing yang telah divaksinasi penuh masuk negara tersebut melalui penerbangan komersil reguler, menjadi bagian pelonggaran pembatasan terbaru setelah terjadi penurunan kasus dan meningkatnya angka vaksinasi.

Kementerian Kesehatan menyatakan, wisatawan yang memasuki India mulai Senin (15/11) harus telah divaksinasi penuh, mengikuti seluruh protokol Covid-19 dan dites negatif virus corona dalam waktu 72 jam sebelum penerbangan mereka. Wisatawan juga perlu melakukan tes Covid-19 saat tiba di bandara India, kecuali bagi pelancong dari negara yang memiliki perjanjian dengan India terkait sertifikat vaksin seperti AS, Inggris, dan sejumlah negara Eropa.

Dikutip dari Al Jazeera, Selasa (16/11/2021), ini adalah pertama kalinya India mengizinkan wisatawan asing dalam penerbangan komersial memasuki negara tersebut sejak Maret 2020, ketika India memberlakukan lockdown yang termasuk salah satu paling ketat di dunia. Wisatawan asing yang telah divaksinasi penuh dengan penerbangan sewaan diizinkan masuk India bulan lalu.


Kebijakan ini diambil saat infeksi virus corona turun signifikan, di mana kasus baru per hari berada di atas angka 10.000 selama lebih dari sebulan.

Untuk mendorong pelancong mengunjungi India, pemerintah berencana menerbitkan 500.000 bisa gratis sampai Maret tahun depan. Langkah ini diharapkan mendorong sektor pariwisata dan perhotelan yang dihantam pandemi.

“Pandemi menghantam industri ini tapi segalanya akan kembali normal ketika wisatawan asing mulai berdatangan,” kata Presiden Asosiasi Biro Perjalanan Wisatawa India, Jyoti Mayal.

Mayal mengatakan, negara bagian Kerala dan Goa di selatan India, serta Uttarakhand dan Himachal Pradesh di Himalaya di wilayah utara mengalami lonjakan turis domestik. Empat negara bagian ini sangat bergantung pada sektor pariwisata, dan Mayal mengatakan wisatawan asing yang berencana mengunjungi negara bagian tersebut akan membantu mengangkat perekonomian lokal.

Dengan lebih dari 35 juta kasus infeksi virus corona yang dilaporkan, India adalah negara terparah kedua di dunia yang dihantam pandemi setelah AS. Kasus aktif virus corona mencapai 134.096, terendah dalam 17 bulan, menurut kementerian kesehatan. Hampir 79 persen populasi dewasa India telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid, sementara hanya 38 persen yang telah divaksinasi penuh.


Kurang dari 3 juta wisatawan asing berkunjung ke India pada 2020, turun lebih dari 75 persen dari 2019. Pendapatan India dari sektor pariwisata hampir USD 30 miliar atau sekitar Rp 427 miliar.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>