Connect with us

Jabodetabek

Kualitas Udara Jakarta Memburuk, Masuk Peringkat 6 Terburuk di Dunia

Published

on

alt="kualitas udara jakarta"
Arsip foto - Foto kondisi polusi udara di pulau reklamasi Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (13/12/2023). (Dok: ANTARA FOTO)

AKTUALITAS.ID – Jakarta, Rabu pagi (9/10/2024), kembali masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Berdasarkan data dari IQAir, Jakarta menduduki peringkat ke-6 dengan indeks kualitas udara (AQI) mencapai 154, yang masuk dalam kategori “tidak sehat”. Tingginya polusi udara di kota metropolitan ini disebabkan oleh partikel PM2.5 dengan konsentrasi 50,4 mikrogram per meter kubik, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Kondisi ini dianggap berbahaya bagi kelompok sensitif, seperti anak-anak, lansia, dan penderita penyakit pernapasan. Bahkan, kualitas udara ini bisa merugikan hewan sensitif serta tanaman, mengancam nilai estetika kota.

Peringkat ini menempatkan Jakarta setelah kota-kota besar lainnya yang juga memiliki polusi udara tinggi, seperti Baghdad di peringkat pertama dengan AQI 220, disusul Hanoi (202), Delhi (177), Mumbai (157), dan Tashkent (157).

Dalam upaya mengatasi masalah ini, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah meluncurkan platform pemantauan kualitas udara terintegrasi. Dengan dukungan dari 31 titik Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU), platform ini bertujuan untuk memberikan data kualitas udara secara real-time kepada masyarakat, hasil kolaborasi dengan berbagai pihak seperti BMKG dan WRI Indonesia.

Masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. Bagi mereka yang termasuk dalam kelompok sensitif, disarankan untuk membatasi aktivitas di luar rumah guna menghindari dampak buruk polusi.

Jakarta memang tengah menghadapi tantangan besar dalam menjaga kualitas udara. Selain memantau secara intensif, langkah strategis diperlukan untuk menurunkan angka polusi demi menjaga kesehatan warganya. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending