OTOTEK
Pakar Otomotif Ingatkan Pentingnya Urutan Tepat Saat Memarkir Mobil Matik

AKTUALITAS.ID – Yannes Martinus Pasaribu, seorang pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), mengingatkan pentingnya pemahaman yang benar terkait urutan parkir mobil dengan transmisi otomatis atau matik. Menurutnya, prosedur yang tepat dalam memarkirkan mobil tidak hanya membantu menjaga keamanan, tetapi juga dapat mencegah kerusakan komponen dan memperpanjang umur transmisi.
“Urutan yang benar sangat penting untuk mencegah kerusakan pada komponen transmisi, memberikan keamanan tambahan, serta meningkatkan kenyamanan dalam mengoperasikan kendaraan,” ujar Yannes, Kamis (19/9/2024).
Banyak pengemudi yang masih memiliki pemahaman berbeda mengenai urutan yang tepat saat memarkirkan mobil matik. Beberapa pengemudi mengira langkah yang benar adalah langsung menggeser tuas transmisi ke posisi “P” (Parkir) sebelum menarik rem tangan, sementara sebagian lainnya melakukan sebaliknya. Bahkan, ada yang menganggap rem tangan tidak selalu diperlukan, terutama pada kondisi tertentu.
Namun, Yannes meluruskan anggapan tersebut. Ia menjelaskan, memarkir mobil matik dengan benar dimulai dari langkah sederhana, namun krusial: pertama, injak pedal rem hingga mobil berhenti total.
Setelah kendaraan berhenti sepenuhnya, langkah berikutnya adalah menarik rem tangan untuk memastikan mobil tetap diam, terutama jika permukaan landasan tidak rata.
“Selanjutnya, pindahkan tuas transmisi ke posisi N (Netral) agar mesin bisa idle tanpa membebani transmisi,” jelas Yannes.
Setelah memastikan kendaraan tidak bergerak dan rem tangan berfungsi dengan baik, barulah tuas transmisi bisa dipindahkan ke posisi “P” untuk mengaktifkan mekanisme penguncian pada transmisi. Proses ini ditutup dengan mematikan mesin mobil.
Menarik rem tangan saat tuas transmisi masih berada di posisi D (Drive) atau R (Reverse) juga dapat menimbulkan tekanan berlebih pada mesin dan transmisi, sehingga berisiko merusak komponen dalam jangka panjang.
“Jika kebiasaan ini terus dilakukan, potensi keausan komponen dan kerusakan transmisi akan semakin besar, karena mesin dan roda masih saling terhubung,” tambahnya.
Oleh karena itu, Yannes menekankan agar selalu memindahkan transmisi ke posisi N sebelum menarik rem tangan untuk menjaga kondisi mesin dan transmisi tetap optimal.
Dengan pemahaman yang tepat dan kebiasaan yang baik, pengemudi dapat memastikan kendaraan matik mereka tetap dalam kondisi prima dan terhindar dari kerusakan yang tidak perlu. (YAN KUSUMA/RAFI)
-
FOTO25/04/2025 13:44 WIB
FOTO: Kapolri Tiba di Riau untuk Buka Jambore Karhutla 2025
-
OTOTEK25/04/2025 15:30 WIB
Krisis Penyimpanan Google? Begini Cara Cerdas Atasi Google Drive yang Penuh
-
NASIONAL25/04/2025 13:00 WIB
Puan Maharani Desak Evaluasi Total MBG Usai Kasus Keracunan Massal
-
FOTO25/04/2025 20:35 WIB
FOTO: Pemprov DKI Jakarta Tancap Gas Normalisasi Ciliwung
-
NASIONAL25/04/2025 15:00 WIB
MPR Goes to Campus ITB, Eddy Soeparno Dorong Pengembangan Energi Terbarukan
-
NASIONAL25/04/2025 18:30 WIB
Dewan Pers Minta Kejagung Alihkan Penahanan terhadap Tian Bahtiar
-
OLAHRAGA25/04/2025 16:00 WIB
Madura United Bungkam Arema FC 1-0 di Laga Tunda Liga 1
-
OLAHRAGA25/04/2025 20:00 WIB
Kudus Jadi Tuan Rumah Seri Perdana 76 Indonesian Downhill 2025