Connect with us

Dunia

Iran Tahan Komandan Pasukan Garda Revolusi

Published

on

Komandan Pasukan Quds Esmail Qaani Foto reuters

AKTUALITAS.ID – Iran dilaporkan telah menahan Esmail Qaani, salah satu komandan Pasukan Quds Garda Revolusi, yang tengah diselidiki atas dugaan keterlibatan dalam pembunuhan Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah di Lebanon. Nasrallah tewas dalam serangan udara Israel yang menargetkan markasnya di Lebanon selatan pada 27 September.

Qaani, yang menjabat sejak Januari 2020 menggantikan Jenderal Qassem Sulemaini, tiba di Lebanon dua hari setelah pembunuhan Nasrallah untuk menyelidiki situasi. Namun, setelah serangan Israel pada 4 Oktober yang menargetkan pengganti Nasrallah, Hashem Safieddine, Qaani dikabarkan menghilang dan tidak dapat dihubungi selama dua hari.

Menurut sumber-sumber terpercaya, Qaani saat ini sedang dalam penyelidikan di Teheran atas dugaan pelanggaran keamanan di internal Garda Revolusi, yang dicurigai Israel telah menyusup. Penyelidikan ini juga mengarah pada Brigadir Jenderal Abbas Nilforoushan, yang turut terbunuh bersama Nasrallah dalam serangan tersebut.

Penyelidikan terus berlanjut untuk menentukan seberapa besar pelanggaran ini dan keterlibatan Qaani dalam peristiwa tersebut. (Damar Ramadhan)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending