Connect with us

Berita

Pejabat Senior AS: Israel Dalang Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran

Seorang pejabat senior pemerintah Amerika Serikat mengatakan jika Israel merupakan dalang di balik pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh. Tetapi pejabat senior ini tidak merinci apakah pemerintahan Donald Trump mengetahui rencana serangan itu atau memberikan dukungan terhadap upaya membunuh Mohsen. Mengutip CNN, pejabat itu mengatakan jika Israel sebelumnya menginformasikan target mereka dan rencana operasi rahasia […]

Published

on

Seorang pejabat senior pemerintah Amerika Serikat mengatakan jika Israel merupakan dalang di balik pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh.

Tetapi pejabat senior ini tidak merinci apakah pemerintahan Donald Trump mengetahui rencana serangan itu atau memberikan dukungan terhadap upaya membunuh Mohsen.

Mengutip CNN, pejabat itu mengatakan jika Israel sebelumnya menginformasikan target mereka dan rencana operasi rahasia kepada AS sebagai sekutunya. Namun terkait serangan terhadap Mohsen, pejabat senior ini mengatakan jika Tel Aviv tidak menginformasikan terlebih dahulu kepada Washington.

The New York Times pertama kali melaporkan bahwa seorang pejabat AS pada akhir pekan lalu mengatakan jika Israel dalang di baling selangan itu.

Pernyataan pejabat senior AS ini sejalan dengan pernyataan pakar intelijen dan keamanan yang membongkar kemungkinan keterlibatan Israel di balik kematian Mohsen.

Sejumlah pakar mengaku skeptis bahwa ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh yang tewas pada Jumat (27/11) terbunuh lewat operasi serangan jarak jauh oleh Israel.

Selama ini pihak Iran tanpa bukti kuat kerap mengklaim jika Israel melancarkan serangan hingga menewaskan Mohsen. Di sisi lain, Israel tidak memberikan bantahan ataupun membenarkan tuduhan tersebut.

Kendati demikian, Israel meminta para diplomatnya di seluruh dunia untuk waspada setelah Iran menuduh mereka. Harian Israel, Maarivv melaporkan bahwa Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Alon Ushpiz mengirim telegram ke semua diplomat Israel di seluruh dunia, Senin (30/11).

Seperti dikutip dari Anadolu Agency, dia meminta para diplomat untuk meningkatkan kesiapan dan kesadaran tertinggi dari setiap aktivitas tidak wajar.
Lihat juga: Israel Minta Diplomatnya di Seluruh Dunia Siaga Balasan Iran

Kementerian memerintahkan para diplomat mengikuti prosedur keamanan ketat untuk berjaga-jaga terhadap serangan teroris apa pun terhadap misi diplomatik Israel.

Mohsen dibunuh di pinggiran ibu kota Teheran pada Jumat (27/11). Iran menyebut ilmuwan itu tewas terbunuh akibat ditembak menggunakan senapan mesin yang dikendalikan dari jarak jauh dari sebuah mobil.

Fakhrizadeh dikabarkan ditembak setidaknya tiga kali dan pengawalnya juga ikut tertembak. Setelah itu, mobil yang ditumpanginya pun meledak.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending