Connect with us

Berita

Pengamanan Perayaan Waisak di Candi Borobudur, 866 Personel Dikerahkan

Published

on

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 866 personel gabungan dari kepolisian, TNI, dan beberapa unsur lain di Pemerintah Kabupaten Magelang dikerahkan untuk mengamankan perayaan Waisak 2568 BE/2024 yang berlangsung di Candi Borobudur dan sekitarnya. Pengamanan ini mencakup rangkaian kegiatan inti perayaan Waisak yang telah dimulai sejak 18 Mei 2024 dan mencapai puncaknya hari ini.

Kapolresta Magelang, Kombes Pol Mustofa, dalam apel kesiapan pengamanan Waisak 2568 BE/2024 Polresta Magelang menyatakan bahwa hari ini adalah puncak perayaan Waisak dengan serangkaian acara mulai dari kirab dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, detik-detik Waisak, hingga pelepasan lampion.

“Kenapa saya sebut perayaan inti, karena rangkaian kegiatan sudah berlangsung dari 18 Mei 2024 dan puncaknya hari ini dengan rangkaian kirab dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, kemudian detik-detik Waisak dan ditutup dengan pelepasan lampion,” jelas Mustofa.

Personel yang terlibat dalam pengamanan ini berasal dari berbagai satuan, termasuk TNI Kodim 0705/Magelang, Satuan Brimob Polda Jateng khususnya Gegana, Satpol PP, pemadam kebakaran, Dishub, dan anggota Polresta Magelang. Pengamanan difokuskan pada Candi Borobudur sebagai objek wisata nasional, aktivitas masyarakat, dan rangkaian ibadah yang menjadi prioritas.

Mustofa juga menyinggung rekayasa lalu lintas yang dilakukan untuk mendukung rangkaian kirab dari Candi Mendut ke Candi Borobudur. “Kita laksanakan penutupan namun sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di wilayah Borobudur ataupun orang yang akan ke Borobudur. Namun jika ada situasi insidental seperti ambulans, tetap bisa kita fasilitasi,” ujarnya.

Selain itu, sterilisasi dilakukan untuk mengantisipasi potensi gangguan dengan intensitas tinggi. Mustofa menegaskan keterlibatan Gegana Polda Jateng dan dukungan TNI dalam mengamankan objek vital nasional ini.

“Kami melibatkan Gegana Polda Jateng, kemudian kami juga di-back up dari TNI berkaitan dengan pengamanan objek vital nasional yang harus kita amankan,” tambah Mustofa.

Perayaan Waisak di Candi Borobudur ini merupakan momen penting bagi umat Buddha dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan pengamanan ketat ini, diharapkan perayaan Waisak 2568 BE/2024 dapat berjalan lancar dan khidmat, serta memberikan rasa aman bagi semua yang terlibat. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending