Connect with us

POLITIK

Ridwan Kamil: Masa Depan Pembangunan Jakarta ada di Reklamasi

Published

on

AKTUALITAS.ID – Calon Gubernur nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) mengatakan masa depan pembangunan Jakarta saat ini hanya ada di bagian utara. Salah satunya, dengan reklamasi.

Bukan tanpa alasan, menurut dia, semua wilayah Jakarta seperti timur, barat, selatan sudah sulit dikembangkan karena berbatasan langsung dengan provinsi lain.

“Menurut saya pembangunan Jakarta yang paling logis adalah ke utara. Timur sudah habis lahannya, barat sudah habis, Selatan sudah habis, yang mungkin adalah ke utara. Dengan memaksimalkan salah satunya reklamasi,” kata RK di JCC, Senayan Jakarta, Minggu (29/9/2024).

RK menjelaskan, secara tata kota di Jakarta bagian utara adalah takdir yang masih bisa direkayasa. Berbeda dengan wilayah lain yang jika dikembangkan bakal mengambil provinsi lain seperti Jawa Barat dan Banten.

“Ke utara batasnya laut, reklamasi itu jangan selalu dilihat buruk ya,” jelas RK.

RK menengaskan, menjadi buruk kalau reklamasi melanggar prinsip-prinsip sustainable development atau pembangunan berkelanjutan. Dia percaya, selama reklamai tidak merusak lingkungan, maka hal itu menjadi sesuatu yang baik seperti dicontohkan negara maju lainnya.

“Singapura melakukan, Jepang melakukan, Dubai melakukan, banyak negara melakukan. Yang penting yang dijaga itu (sustainable development),” tegas RK.

“Itulah kenapa masa depan Jakarta yang paling logis adalah membangun di utara salah satunya dengan tanah-tanah reklamasi,” imbuhnya menandasi. (Enal Kaisar)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending