TNI Akan Bantu BNPB untuk Tanggulangi Bencana


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) , Letjen TNI Doni Monardo (Foto: Kompas.com)

AKTUALITAS.ID – Kepala Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menegaskan, bencana gempa bumi, tsunami, longsor dan sebagainya adalah musibah yang tidak bisa dihindari. Karena itu, BNPB hanya bisa meminimalisir dampak dari bencana tersebut.

“Itu terkait dengan terbatasnya fasilitator dan sumber daya di daerah. Tapi, BNPB akan menambah terobosan dari unsur kekuatan TNI. Seperti dilakukan di NTB untuk membantu warga yang menjadi korban,” kata Doni Monardo, saat rapat dengan DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan Rabu (23/1/2019).

Rapat Kokesra dengan DPR RI dihadiri dan dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Fadli Zon dan pemerintah diwakili oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Doni mengatakan, terobosan itu antara lain penambahan tahap pertama sekitar 500 orang, dan ditambah 1.500 orang. “Kita akan mengusulkan tambahan 1.000 orang lagi dari TNI.

Saat ini, lanjutnya, yang menjadi persoalan utama adalah rumah rusak berat akibat bencana. Sepanjang tahun 2018 ada 76 ribu unit.

“Dan, untuk 3 bulan ke depan kita berharap lebih banyak lagi rumah rusak berat yang bisa selesaikan,” katanya.

Doni Monardo menjelaskan, dalam berbagai kasus tsunami di beberapa tempat di Indonesia seperti di Palu, Banten, dan Lampung ia mendengar kisah banyak korban selamat karena alam terutama dengan memanjat pohon.

“Fakta di lapangan banyak masyarakat selamat karena alam, seperti memanjat pohon Trembesi saat tsunami Aceh tahun 2004 lalu, kemudian di Pantai Carita dalam tsunami di Banten kemarin, apalagi kalau seluruh wilayah pesisir dihijaukan maka akan meminimalisir dampak tsunami ke darat,” ujar Doni Monardo.

Oleh karena itu pihak BNPB dibantu sejumlah ahli sedang meneliti sejumlah jenis pohon yang cocok untuk ditanam di kawasan pesisir untuk minimalisir tsunami.

“Kami sedang teliti jenis Pohon Ule, Pohin Waru, Pohon Ketapang, Pohon Trembesi, Pohon Beringin Pantai, dan lain-lain yang cocok untuk melindungi kawasan pesisir,” kata s Doni Monardo

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>