LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf Menang Telak dari Prabowo-Sandi


Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa bersama Ikrama Masloman memaparkan survei terkini bertajuk 'Siapa Presiden RI 2019 - 2024?, Jumat (12/4/2019) di Rawamangun, Jakarta. Kesimpulan survei menyebutkan pasangan Jokowi-Ma'ruf diambang kemenangan dengan rentang elektabilitas 55,9 persen - 65,8 persen, unggul dua digit dari Prabowo-Sandi yang elektabilitasnya berkisar di antara 34,2 persen - 44,1 persen. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis survei terbarunya menjelang hari pencoblosan Pemilu 2019. Survei tersebut menunjukkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh dukungan 55,9 persen hingga 65,8 persen.

Sedangkan, pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berada di angka 34,3 persen hingga 44,1 persen.

“Artinya, jika elektabilitas Jokowi-Ma’ruf menggunakan batas bawah elektabilitas saat ini 55,9 persen, dan Prabowo-Sandi menggunakan batas atas 44,1 persen, Jokowi-Ma’ruf diproyeksikan tetap menang telak dengan selisih di atas dua digit,” kata peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (12/4/2019).

Survei itu juga menunjukkan bahwa Jokowi-Ma’ruf menang di enam kantong suara utama di Indonesia, yakni pemilih muslim, minoritas, wong cilik (penduduk yang mengaku pendapatannya di bawah Rp 2 juta per bulan), emak-emak atau kaum perempuan, kalangan terpelajar, dan pemilih milienial.

“Dari segmen pemilih wong cilik, Jokowi-Ma’ruf juga berpotensi menang telak. Saat ini dukungan wong cilik kepada Jokowi-Ma’ruf berada di rentang 60,9 persen hingga 70,8 persen,” papar Ardian.

Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga di segmen wong cilik berada di rentang 29,2 persen hingga 39,1 persen.

Tidak berbeda dengan segmen wong cilik, menurut survei tersebut segmen minoritas pasangan Jokowi-Ma’ruf juga menang telak, yakni berada di kisaran 83,6 persen hingga 93,5 persen. Sedangkan Prabowo-Sandiaga di segmen yang sama hanya mendapatkan 6,5 persen hingga 16,4 persen.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>