Bawaslu Sebut Perempuan Siap Mengawal Demokrasi


Bawaslu saat menggelar konsolidasi pengawas pemilu Perempuan di , Jkarta Sabtu (31/8/2019). AKTUALITAS.ID /Umamah

Perempuan bisa menghasilkan kebijakan yang berpihak pada perempuan.

AKTUALITAS.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar Konsolidasi Nasional Pengawas Pemilu Perempuan se-Indoensia di Redtop Hotel dan Convention Center,  Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Anggota Komioner Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan sudah saatnya perempuan turut serta mengawal pemilu. Menurutnya, peran perempuan menjadi penting untuk menghasilkan kebijakan yang berpihak pada kaum perempuan.

“Perempuan dan pemilu ibarat  dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Partsipasi perempuan dalam pemilu menghasilkan kebijakan yang sadar gender dan berpihak pada perempuan,” ujar Dewi, Sabtu (31/8/2019).

Selain itu, dirinya juga meyakini perempuan akan terlibat aktif dalam mengawal pemilu kedepannya.

“Penting  perempuan untuk terlibat aktif dalam mengawal pemilu,” kata Dewi

“Perempuan siap mengawal demokrasi, perempuan siap mengawasi (pemilu),” tutupnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh. Perempuan yang akrab disapa Nduk Nik itu menyatakan kesadaran dan partisipasi perempuan dalam pemilu dapat mewakili suara perempuan yang menghasilkan kebijakan-kebijakan untuk kepentingan perempuan.

“Menjadi perempuan harus bisa melakukan politik yang feminim, yaitu politik yang bersih, melayani dan untuk kemaslahatan orang banyak,” tuturnya. [Umamah]