Polisi Hongkong Klaim ‘Tak Sengaja’ Semprotkan Air ke Arah Masjid


Massa demonstran berlari menghindari tembakan meriam air dalam aksi demonstrasi di Hong Kong, Minggu (20/10/2019).(AFP / ANTHONY WALLACE)

AKTUALITAS.ID – Kepolisian Hong Kong melepaskan tembakan meriam air ke arah masjid dalam upaya meredam demonstrasi yang diwarnai kekerasan, pada Minggu (20/10). Sesaat setelah kejadian, kepolisian mengatakan meriam air yang menembakkan cairan biru tersebut “secara tidak sengaja berdampak pada gerbang dan pintu depan” masjid.

Di sisi lain, Dewan Muslim Hong Kong menegaskan masjid bukanlah sasaran polisi. Bahkan, sejumlah perwira polisi datang meminta maaf dan membantu membersihkan daerah masjid yang terkena tembakan meriam air.

Aparat sejatinya melarang demonstrasi digelar pada Minggu (20/10), namun masyarakat Hong Kong mengabaikan larangan itu. Bahkan, puluhan ribu orang datang berunjuk rasa.

Sebagian di antara mereka, yang memakai baju dan masker hitam, melemparkan bom molotov ke kantor polisi di Tsim Sha Tsui. Api kemudian membakar gerbang bangunan itu.

Kepolisian kemudian menanggapinya dengan melepaskan tembakan gas air mata dan mengutus truk meriam air.

Selagi polisi mengatasi aksi demonstan di Tsim Sha Tsui, sejumlah toko dan bank China dirusak pengunjuk rasa.

Beberapa demonstran bahkan memicu kebakaran yang melalap sebuah toko pembuat ponsel China di Mong Kok.

Tidak semua unjuk rasa pada Minggu (20/10) berujung pada kekerasan. Dan, walaupun demontrasi dilarang, aksi tersebut dimulai dengan damai.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>