Tiga Tawaran Posisi Menteri Untuk Nadiem Makarim


Founder Gojek Nadiem Makarim, (Foto:Istimewa)

AKTUALITAS.ID – CEO Gojek Nadiem Makarim dipanggil ke istana untuk tawaran posisi menteri. Kira-kira jadi apa nih?

Usai dipanggil Presiden Jokowi di Istana Negara, Nadiem kepada wartawan mengatakan dia langsung mundur dari Gojek per hari ini, Senin (21/10). Artinya dia akan fokus mengemban tugas sebagai menteri.

Untuk posisi apa, Nadiem Makarim belum mau bilang. Dia meminta publik menunggu pengumuman resmi Jokowi.

Tapi dari berbagai selentingan, inilah beberapa kemungkinan pos menteri yang akan dijabat Nadiem:

  1. Menkominfo

Nama Nadiem sudah santer dibicarakan publik sebagai kandidat Menkominfo. Nadiem dinilai memiliki kecakapan dan kegesitan yang dibutuhkan untuk mengurusi bidang komunikasi dan informatika.

  1. Menteri Digital

Mantan Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengonfirmasi ada kementerian baru namanya Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif. Menteri Digital disebut-sebut akan dijabat Nadiem.

Menkominfo Rudiantara di akhir masa jabatannya sempat mengomentari rumor Nadiem jadi Menteri Digital. “Sudah saatnya mengabdi kepada bangsa,” tutur Menkominfo Rudiantara.

  1. Menteri PANRB

Nadiem saat keluar dari Istana Negara juga mengungkapkan hasil pertemuannya dan memberikan petunjuk kepada media, tanpa menyebutkan jabatan spesifik.

“Terutama yang dibilang SDM, reformasi birokrasi dan investasi. Saya bersedia dan menerima,” kata Nadiem.

Nah terkait ucapan Nadiem, memang ada juga posisi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Posisi ini tentu agak jauh dari bayangan publik terhadap Nadiem.

Tapi sekali lagi posisi menteri adalah hak prerogatif Presiden Jokowi. Para pegiat dunia komunikasi, informatika dan digital mesti bersabar sampai hari Rabu mendatang saat pengumuman kabinet.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>