Setara: Ucapan Sukmawati Bagian Kebebasan Berpendapat


Sukmawati Soekarnoputri, (Foto: Ist)

AKTUALITAS.ID – Setara Institute menyebut ucapan Sukmawati Soekarnoputri yang membandingkan IR Soekarno dengan Nabi Muhammad Saw tak terkait penodaan agama.

“Kasus Sukma itu tidak ada hubungannya dengan penodaan agama. Saya tidak menemukan konteks yang utuh yang menjelaskan bahwa pernyataan Sukmawati itu penistaan atau penodaan agama. Saya tidak melihat itu. Artinya, dalam konteks itu biarkan saja statement Ibu Sukmawati itu sebagai bagian dari kebebasan berpendapat,” kata Direktur Riset Setara Institute Halili Hasan di Hotel Ibis, Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/11).

Halili juga menyarankan Majelis Ulama Indonesia (MUI ) tidak mengeluarkan fatwa terkait pernyataan Sukmawati. Dia menyebut MUI bukan lembaga hukum.

“Saya kira MUI tidak perlu mengeluarkan fatwa apa pun. Jangan mengulangi masalah yang kesekian kali. Fatwa yang sebelumnya, misal soal Ahok, sebuah kesalahan. Kedua, jangan lupa MUI itu bukan lembaga hukum yang produk peraturannya bisa jadi sumber hukum,” jelasnya.

Halili melihat ada pihak yang sengaja ingin menggiring pernyataan Sukmawati itu. Dia menyebut pihak tersebut juga menjadikannya panggung untuk eksis.

“Yang pertama, mereka berkepentingan dengan permainan isu. Jadi, isu ini penting bagi mereka, sehingga dengan isu ini mereka terus bisa berkontestasi di ruang publik,” ucapnya.

Ucapan Sukmawati yang dipermasalahkan itu terlontar dalam forum diskusi pada 11 November lalu. Dalam diskusi tersebut, awalnya, Sukmawati berbicara soal perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan RI dari jajahan Belanda.

Kegiatan itu sendiri dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019. Sukmawati kemudian melontarkan pertanyaan kepada forum yang dinilai membandingkan Nabi Muhammad dengan Sukarno.

Sukmawati juga sudah membantah jika dikatakan menistakan agama terkait ucapannya yang menyinggung Nabi Muhammad SAW. Ia menyebut Nabi Muhammad dan Sukarno memiliki derajat yang berbeda yang tidak bisa dibandingkan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>