Maju Capres Amerika, Bos Media Michael Bloomberg Ingin Kalahkan Trump


Bos media, Michael Bloomberg. (FOTO: REUTERS)

Miliuner Amerika Serikat dan bos media, Michael Bloomberg secara resmi mengumumkan diri akan maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2020 mendatang. Bloomberg akan menjadi salah satu kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Dalam sebuah pernyataan, mantan Wali Kota New York ini mengatakan ingin mengalahkan Donald Trump dan membangun kembali Amerika.

“Pertaruhannya sengit. Kita harus memenangkan pemilihan ini,” tulisnya di Twitter, sebagaimana dikutip dari BBC, Selasa (26/11).

Pengusaha 77 tahun ini bergabung bersama 17 tokoh lainnya bersaing menjadi kandidat Demokrat yang akan diusung untuk mengalahkan Trump pada 2020 mendatang. Mantan Wapres Joe Biden, Senator Elizabeth Warren dan Bernie Sanders adalah kandidat terkuat Demokrat.

Bloomberg dinilai tak cukup kuat untuk menjadi kandidat presiden. Dia masuk ke arena capres setelah perdebatan berbulan-bulan soal ketimpangan penghasilan di AS, dengan Sanders dan Warren mengumumkan rencana untuk menaikkan pajak bagi para miliuner. Mengungkap proposal pajaknya pada bulan September, Sanders mengatakan: “Miliarder seharusnya tidak ada.”

Pada awal November lalu, Trump mengejek Bloomberg, mengatakan, “tidak ada yang lebih ingin saya lawan selain Michael kecil”. Pada hari yang sama, Bloomberg mendaftar untuk pemilihan utama Demokrat di Alabama.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>