Soal Wagub DKI, Ahmad Muzani : PKS-Gerindra Tawakal pada Allah


Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menyerahkan mekanisme soal wakil gubernur DKI Jakarta pada DPRD. Tapi ia memahami PKS memiliki hak dan Gerindra memiliki harapan.

“PKS juga punya hak, kami juga punya harapan. Jadi saya kira sudahlah sama-sama saja. Tawakal pada Allah,” kata Muzani di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Soal usulan agar para calon diuji kelayakan dan kepatutan juga ia nilai bagus saja. Begitu pun kalau tak ada juga tak masalah.

“Ada satu kader PKS, ada satu kader Gerindra, tentu saja dua-duanya mengincar. Kalau dua-duanya mengincar ya sudahlah kita serahkan kepada mekanisme, DPRD yang akan menentukan,” kata Muzani.

Soal lobi pada fraksi lain, ia juga menyerahkan pada DPRD dan lobi tingkat lokal. “Silakanlah, pokoknya sudah, pokoknya nanti apapun yang menjadi keputusan DPRD kita taat,” kata Muzani.

PKS dan Gerindra kini berebut kursi wagub DKI Jakarta yang dulu ditinggalkan oleh Sandiaga Uno. Mereka harus memenangkan pertarungan di DPRD DKI Jakarta.

Untuk diketahui, total kursi di DPRD DKI Jakarta sebanyak 106. Ada 10 partai politik yang memperoleh kursi berdasarkan hasil Pemilu 2019 yang lalu yaitu PDIP, Gerindra, PKS, PSI, Demokrat, PAN, Nasdem, PKB, Golkar, dan PPP.

Berikut ini adalah peta kursi di DPRD DKI Jakarta:

  1. PDIP 25 kursi.
  2. Partai Gerindra 19 kursi.
  3. PKS 16 kursi.
  4. PSI 8 kursi.
  5. Partai Demokrat 10 kursi.
  6. PAN 9 kursi.
  7. Partai Nasdem 7 kursi.
  8. PKB 5 kursi.
  9. Partai Golkar 6 kursi.
  10. PPP 1 kursi.
slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>