Ketua DPR Minta Pemerintah Jangan Terburu – buru Putuskan Kepulangan WNI eks ISIS


Ketua DPR RI, Puan Maharani. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Ketua DPR, Puan Maharani, meminta agar pemerintah jangan terburu-buru memutuskan kepulangan WNI eks ISIS. Pemerintah harus melihat bagaimana kondisi WNI yang bersangkutan.

“Apakah masih ada keinginan dari mereka untuk kembali ke Indonesia sebagai warga negara Indonesia? Jadi jangan terburu-buru, kita lihat dulu seperti apa, situasinya dan kondisinya di sana, apakah mereka itu masih mengakui sebagai warga negara Indonesia?” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Menurutnya, kalau yang bersangkutan saja sudah tidak mau menjadi warga negara Indonesia, tentu saja pemerintah harus memperhatikan langkah-langkah yang lebih cermat dan lebih antisipatif untuk bisa memulangkan mereka.

“Jadi jangan terburu-buru,” kata Puan.

Ia menambahkan perlu juga dicermati apakah mereka masih memiliki pasport. Lalu apakah mereka secara sukarela meninggalkan pasport Indonesia untuk pergi ke satu negara untuk menjadi ISIS.

“Itu yang pertama yang harus kita lakukan dan cermati,” kata Puan.

Sebelumnya, rencana memulangkan 600 warga negara Indonesia mantan anggota dan simpatisan ISIS ke Tanah Air menuai kontroversi. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid menyatakan belum ada keputusan final mengenai rencana pemulangan itu.

“Yang pasti dari pemerintah sendiri belum ada kata final untuk menentukan kata final, apakah yang terlibat di ISIS itu dipulangkan apa tidak,” kata Zainut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>