Cegah Penyebaran Corona, Mulai Jumat Pasar Tanah Abang Ditutup Sementara


Suasana di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (29/5/2017). Dalam bulan suci Ramadan, penjualan busana Muslim di pasar grosir pakaian Tanah Abang kembali mengalami peningkatan.

AKTUALITAS.ID – Perumda Pasar Jaya melakukan penutupan sementara seluruh pasar yang berada di kawasaan Tanah Abang, yang dikelola oleh Pasar Jaya. Pasar yang ditutup adalah Pasar Tanah Abang Blok A, Pasar Tanah Abang Blok B, dan Pasar Tanah Abang Blok F.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, Pasar Tanah Abang Blok G yang masih buka, namun terbatas hanya kepada pedagang yang berjualan jenis bahan pangan saja. Penutupan ini dilakukan dalam sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kawasan Pasar Tanah Abang setiap menjelang bulan suci ramadan angka pengunjungnya cukup tinggi. Pembeli tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga banyak pembeli juga berdatangan dari luar daerah hingga mancanegara. Jadi, perlu dilakukan pembatasan agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

“Penutupan dilakukan besok per tanggal 27 Maret sampai 5 April mendatang. Seluruh aktivitas perdagangan di pasar tersebut kita liburkan sementara. Ini merupakan salah satu langkah pencegahan Covid-19, terkecuali di Blok G boleh berjualan khusus bahan pangan saja,” ujar Arief Nasrudin, Kamis, (26/3/2020).

Sebelum memutuskan melakukan penutupan, manajemen Pasar Jaya sudah melakukan komunikasi dengan para pedagang terlebih dahulu. Terutama menjelang bulan ramadhan yang memang menjadi waktu yang sangat penting bagi pedagang untuk berjualan, karena pembelian barang dagangan mereka cukup banyak daripada di hari biasanya.

“Untuk penutupan ini tentu sudah dilakukan komunikasi dan sosialisasi kepada pedagang terlebih dahulu. Kita sampaikan beberapa hal untuk adanya pengertian bersama, yakni para pedagang dan juga manajemen. Untuk itu, baik pedagang dan manajemen sepakat untuk menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut,” katanya.

Selama ini, sejumlah langkah telah dilakukan pihak Pasar Jaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di pasar tersebut. Selain melakukan pembatasan, pihak Pasar Jaya juga melakukan pengecekan suhu tubuh dan menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masuk pasar.

Di Pasar Tanah Abang, juga telah dilakukan penyemprotan desinfektan. Penyemprotan ini dilakukan di seluruh sarana berjualan, kantor, fasilitas, dan sarana ibadah yang ada.

“Bagi masyarakat dan pedagang, kami ingatkan untuk selalu memantau media sosial resmi milik Pasar Jaya untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui layanan call center kami, dengan nomor 0812-8008-0063,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>