Saat New Normal, Ratusan Personel Polisi Bakal Jaga Pusat Keramaian di Surakarta


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Polresta Surakarta siap mendukung penerapan tatanan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19 yang digagas pemerintah pusat. Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai mengaku telah berkoordinasi dengan Wali Kota Solo dan segenap forkompinda lainnya untuk persiapan penerapan new normal di Solo.

“Nanti ada kegiatan masyarakat yang akan diaktifkan lagi, seperti perekonomian, tempat ibadah dan lainnya. Dari jajaran kepolisian kita juga melakukan persiapan,” ujar Andy, Rabu (27/5/2020.

Andy mengatakan, kepolisian akan menempatkan personel di lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat. Polisi akan membantu menertibkan masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan. Sehingga masyarakat tetap bisa beraktifitas seperti biasa tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Andy menambahkan, pihaknya telah menyiapkan ratusan personel untuk menjaga mal, pasar tradisional dan tempat keramaian lainnya di saat pemberlakuan new normal. Namun demikian, penerjunan personel tersebut harus menunggu pencabutan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19, 7 Juni nanti.

“Kami telah menyiapkan personel untuk menjaga tempat-tempat pusat perekonomian di Solo. Kebijakan tersebut sesuai instruksi Presiden Jokowi,” kata dia.

Terkait personel yang akan diterjunkan, Andy mengaku masih mendata dulu tempat-tempat yang akan dibuka kembali. Jumlah personel akan disesuaikan dengan kebutuhan. Penerapan new normal, dikatakannya, tidak akan langsung mudah dilakukan. Ia memperkirakan butuh kesabaran untuk membiasakan diri dengan kebijakan tersebut.

“Setidaknya diperlukan kerjasama baik antara petugas dan masyarakat untuk menegakkan kebijakan new normal agar aktivitas warga kembali seperti biasanya,” tutup Andy.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>