Ketika Nabi Muhammad Pernah Sholat Pakai Sandal


Mayoritas kaum Muslim di Indonesia menunaikan sholat tanpa alas kaki demi menjaga kebersihan masjid. Namun, ternyata Nabi Muhammad pernah melakukan sholat dengan tetap memakai sandal.

Cerita soal Nabi Muhammad yang sholat ada dalam buku Sifat Shalat Nabi karya Muhammad Nashiruddin al-Albani. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah disebutkan Nabi Muhammad terkadang sholat memakai sandal. Nabi Muhammad ternyata memperbolehkan hal ini sebagaimana diriwayatkan Abu Dawud, al-Bazzar berikut ini.

“Jika salah seorang diantara kalian sholat, hendaknya ia memakai sandalnya atau hendaknya ia letakkan keduanya diantara kedua kakinya, dan janganlah membuat orang terganggu dengan kedua sandalnya.”

Bahkan terkadang Nabi Muhammad menegaskan perintah menggunakan sandal dalam sholat. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad “Selisihilah orang-orang Yahudi, sesungguhnya mereka itu tidak sholat dengan sandal dan khuf (sepatu) mereka”.

Walau begitu, Nabi Muhammad kadang melepas kedua sandalnya saat masih sholat. Nabi Muhammad tak membatalkan sholatnya karena melanjutkannya setelah melepas sandal.

Tindakan Nabi Muhammad langsung diikuti jamaahnya. Nabi Muhammad sempat heran karena tindakannya ditiru jamaah.

Ternyata alasan Nabi Muhammad melepas sandal saat sholat karena sandalnya kotor dan terkandung najis. Nabi Muhammad melepaskan sandalnya agar tetap sah sholatnya. Hal ini sesuai dengan sabda yang diriwayatkan Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah, dan al-Hakim.

“Sesungguhnya tadi Jibril datang dan memberitahu sandal itu ada kotoran (tinja dalam riwayat lain), maka aku melepaskannya. Maka jika kalian masuk masjid hendaknya melihat kedua sandalnya, apabila ada kotoran maka sebaiknya dibersihkan lebih dulu, kemudian pakailah sandal itu untuk sholat.”

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>