Kabareskrim: Stok Pangan Langka Bisa Timbulkan Kriminalitas


Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, (Foto:Ist)

AKTUALITAS.ID – Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan menjaga ketersediaan pangan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Ia menyebut stok pangan yang langka bisa menimbulkan kriminalitas.

“Manakala kecukupan pangan berkurang tentunya akan menimbulkan masalah,” ujar Listyo dalam acara yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan Selasa (25/8/2020).

Listyo mengatakan ancaman kelangkaan pangan yang telah diwanti-wanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga perlu dilihat dari aspek keamanan.

Menurutnya, pasokan pangan yang tersendat bisa membuat harga meningkat dan daya beli masyarakat menurun.

“Memang masalah pangan apabila tidak dijaga tentunya banyak hal yang bisa muncul, terkait dengan masalah inflasi kemudian kelangkaan yang menimbulkan keresahan,” ujarnya.

Di sisi lain, Listyo menyebut pemerintah tak bisa hanya mengandalkan impor sebagai satu-satunya cara menambah pasokan pangan ketika produksi merosot di dalam negeri.

Menurutnya, peran kepolisian pun penting terutama untuk mencegah aksi-aksi spekulan yang dapat membuat distribusi pangan terhambat.

“Impor yang ada, tentunya seperti membuang garam di laut, jika stok sudah dimasukkan sebanyak-banyaknya tapi harga tak turun-turun,” katanya.

Mantan ajudan Presiden Jokowi itu menyebut pihaknya telah menurunkan tim ke lapangan untuk memastikan ketersediaan pangan di tengah masyarakat.

“Tentunya setelah itu harganya diharapkan sesuai harga eceran yang ditentukan,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>