Kembali Berulah, Tukang Ojek dan Anggota TNI Tewas Diserang KKB


ilustrasi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Seorang tukang ojek bernama Badawi (51) menjadi korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel IGN Suriastawa mengatakan penyerangan terjadi Kamis (17/9) sekitar pukul 10.50 WIT di belakang SD YPPK Santo Misael, Kampung Bilogai. Korban mengalami luka akibat bacokan senjata tajam.

Suriastawa menyatakan korban lantas dievakuasi oleh masyarakat bersama aparat TNI-Polri ke Puskesmas Bilogai. Di Puskesmas, korban langsung ditangani oleh tim medis namun tak tertolong.

“Karena kehabisan darah akhirnya Korban meninggal dunia di tempat,” kata Suriastawa dalam keterangan resminya, Kamis (17/9/2020).

Tak lama setelah insiden tersebut, siang harinya atau sekitar pukul 14.20 WIT, KKB menyerang seorang aparat TNI bernama Serka Sahlan yang sedang dalam perjalanan membawa logistik. Serka Sahlan tiap harinya bertugas sebagai Babinsa di Hitadipa.

“Korban mengalami luka tembak sehingga langsung meninggal dunia di tempat dan dievakuasi ke Puskesmas Bilogai,” kata dia.

Suriastawa mengatakan bahwa aparat keamanan TNI/Polri sedang melakukan pencarian dan pengejaran terhadap pelaku. Ia memastikan situasi Sugapa, Kabupaten Intan Jaya tetap normal. Namun masyarakat diimbau untuk waspada.

Ia juga menyayangkan kejadian penyerangan terhadap warga sipil yang tak berdosa oleh KKB. Ia berharap aksi-aksi itu bisa dihentikan agar masyarakat Papua hidup tenang dan damai.

“Pimpinan TNI melalui Kapenkogabwilhan III menyampaikan rasa prihatin dan duka yang mendalam serta berharap kejadian ini tidak terjadi lagi demi kedamaian dan kesejahteraan masyarakat Papua secara keseluruhan,” kata dia.