Bantu UKM Indonesia, Facebook Siapkan Dana Rp12,5 M


Ilustrasi facebook. AKTUALITAS.ID

Facebook baru saja mengumumkan sejumlah inisiatif untuk mendukung pelaku UKM di Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian situasi ekonomi di masa pandemi saat ini. Salah satu inisiatif tersebut adalah dana bantuan senilai Rp12,5 miliar.

Selain dana bantuan tersebut, raksasa media sosial asal AS ini juga memberikan program pelatihan virtual dan menghadirkan fitur produk di aplikasi Facebook untuk membantu mempromosikan bisnis lokal.

“Kami mendengarkan tantangan yang dihadapi para pemilik UKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat –termasuk dukungan finansial– untuk membantu mereka bangkit kembali, menata ulang strategi, dan memulihkan kinerja usahanya,” kata Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM, Rabu (7/10/2020).

Pendaftaran program dana bantuan UKM dari Facebook dibuka pada 6-13 Oktober 2020. Pelaku UKM tidak diwajibkan untuk memiliki akun di Facebook sebagai syarat pendaftaran.

Untuk memenuhi syarat pendaftaran, pelaku UKM wajib memiliki dua hingga 50 karyawan, telah menjalani usaha lebih dari satu tahun, dan menghadapi kesulitan karena situasi pandemi.

Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat diketahui dari situs Facebook for Business.

Facebook bekerja sama dengan Deloitte Consulting dan Goodera untuk meninjau pendaftar yang masuk, menyeleksi UKM, dan mendistribusikan dana bantuan kepada UKM terpilih.

Selain dana bantuan, Facebook juga menyelenggarakan rangkaian webinar gratis untuk membantu para wirausaha membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat.

Pemilik UKM juga dapat bergabung di Boost with Facebook. Di sana, mereka akan memperoleh saran dari para ahli dan sesama pemilik UKM.

Selain itu, pemilik UKM juga dapat mengunjungi Business Resource Hub Facebook yang berisi tips, fitur, dan pelatihan online gratis untuk membantu UKM tetap terhubung dengan pelanggan.

Para pemilik UKM juga bisa mengakses Free Facebook Webinars dan mempelajari cara membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>