Mulai Minggu 20 Desember, Operasional KRL Hanya Sampai Pukul 22.00 WIB


KRL

AKTUALITAS.ID – Jadwal operasional KRL Commuter Line Jabodetabek ikut dibatasi pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2021. Mulai Minggu (20/12) KRL hanya akan beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penyesuaian ini guna mendukung upaya untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 dengan tetap melayani kebutuhan mobilitas esensial dari masyarakat.

“KAI Commuter melakukan sejumlah penyesuaian layanan dan operasional. Mulai 20 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 , KRL Commuter Line Jabodetabek akan beroperasi pukul 04.00 hingga 22.00 WIB,” kata Anne dalam keterangan tertulis, Jumat (18/12).

Anne mengatakan, pengaturan jam operasional ini sesuai dengan aturan kegiatan ekonomi di Jakarta yang maksimal berakhir pada pukul 21.00 WIB. Selain itu, jam operasional ini mempertimbangkan kebutuhan pengiriman rangkaian KRL untuk keberangkatan pada esok paginya.

“Dengan jam operasional 04.00 – 22.00, KAI Commuter mengoperasikan 964 perjalanan KRL Commuter Line per harinya dengan 91 rangkaian kereta,” ungkapnya.

Anne juga menegaskan pada malam pergantian tahun nanti, KAI Commuter tidak akan mengoperasikan kereta tambahan malam tahun baru. Ini sejalan dengan aturan pemerintah agar tidak ada kegiatan malam tahun baru untuk menghambat penyebaran virus covid-19.

“Pada pergantian malam tahun baru tersebut, KAI Commuter tetap beroperasi hanya sampai pukul 22.00 WIB,” jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 di Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Instruksi yang ditandatangani Anies pada 16 Desember itu salah satunya memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo untuk menetapkan jam operasional transportasi umum maksimal sampai pukul 20.00 WIB.

Anies turut meminta Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dalam pemantauan setiap orang yang melakukan perjalanan masuk ke Jakarta.

Corporate Secretary MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin menyatakan pihaknya bakal mengikuti kebijakan tersebut. Mulai hari ini, MRT hanya beroperasi mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WIB.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi menyampaikan, pihaknya juga memberlakukan penyesuaian jam operasional. Sejak ada imbauan tersebut, TransJakarta beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai 20.00 WIB.

“Ini berlaku untuk semua layanan reguler kami baik BRT, Non-BRT dan Mikrotrans,” ujar Prasetia di Jakarta.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>