Akibat Sungai Bedadung Meluap, Rumah Pribadi Bupati Jember Banjir


Warga mengungsi keatap rumah saat banjir merendam rumah warga di Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Hujan deras mengguyur sejumlah kawasan di pusat kota Jember pada Jumat (26/2). Hujan yang turun sejak siang hingga sore itu membuat aliran sungai Bedadung yang ada di kawasan kota meluap. Salah satu yang terdampak adalah kawasan Jompo yang merupakan pusat bisnis di Jember.

Luapan air sungai meluber pada Jumat sore hingga masuk ke pertokoan dan pemukiman warga yang masuk Kelurahan, Jember Kidul Kecamatan Kaliwates. Di kawasan tersebut, terletak rumah pribadi keluarga besar Hendy Siswanto, bupati Jember yang baru dilantik hari Jumat (26/02) ini.

Di kawasan tersebut, juga terletak toko busana Rien Collection milik istri Hendy, Hj Kasih Fajarini alias Bu Rien. Dari video warga yang beredar, air nampak masuk ke halaman rumah pribadi Hendy yang sedang dipenuhi karangan bunga ucapan selamat.

“Iya benar, tapi hanya meluap saja. Mungkin karena sejak beberapa jam, Jember diguyur hujan,” tutur Lurah Jember Kidul, Muhammad Deni Hadiatullah ketika dikonfirmasi pada Jumat (26/2) malam

Deni mengakui, luapan air sungai sempat memasuki rumah warga, namun hanya sesaat. “Tadi kita bersama warga membersihkan luapan, termasuk yang di rumah Pak Bupati sudah surut dan sudah bersih,” lanjut Deni.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Mat Satuki juga memberikan pernyataan yang senada.

“Cuma sampai masuk teras saja, tidak masuk rumah kok, tidak parah. Sudah surut saat ini,” ujar Satuki saat dikonfirmasi terpisah lewat telepon.

Selain di Kaliwates, luapan air sungai juga melanda beberapa pemukiman warga yang ada di Kecamatan Rambipuji. “Hanya sebentar saja, kita terus memantau untuk menyiapkan antisipasi,” lanjut Satuki.

Saat rumahnya terdampak luapan banjir, Hendy dan istri sedang tidak berada di rumah. Bersama pasangannya, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, Hendy dilantik sebagai bupati-wabup Jember pada Jumat (26/02). Hendy-Firjaun dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya bersama 16 kepala daerah lain.

Usai dilantik pada Jumat siang, Hendy-Firjaun langsung pulang menuju Jember pada sore harinya. Hendy-Firjaun dijadwalkan disambut di rumah dinasnya, Pendopo Wahyawibawagraha pada Jumat malam.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>