Sembuh dari Covid-19, Ketua BNPB Donor Plasma Konvalesen


DONI MONARDO, DONOR PLASMA, PMI, BNPB, COVID,
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo melakukan donor darah plasma konvalesen di PMI Kramat Raya Jakarta Pusat, Senin (1/3/2020). Satgas Covid-19 telah menjadikan donor konvalesen sebagai gerakan nasional, Terapi plasma konvalesen ini dapat memberika kesembuhan tinggi bagi para pasien Covid-19, namun saat ini masih sulit mencari pendonor dari para penyintas Covid-19. Kiki Budi Hartawan/Aktualitas.id

AKTUALITAS.ID – Kepala Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo melakukan donor plasma konvalesen usai 17 hari dinyatakan sembuh dari Covid-19. Doni bergabung dengan para penyintas lain membantu pasien yang sedang berjuang sembuh.

Doni yang juga, Ketua Satuan tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) tersebut menyambangi Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) DKI di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat dan diterima oleh Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat Linda Lukitari Waseso pada Senin (1/3/2021) pukul 15.00. Doni memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk menjalani proses donor.

Sebelumnya, Doni dinyatakan positif Covid-19 pada 23 Januari 2021 setelah memimpin penanggulangan korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan. Ia menjalani perawatan selama 20 hari sebelum hasil negatif uji usap PCR pada 12 Februari.

Sesuai ketentuan, penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat bisa melakukan donor plasma konvalesen setelah sembuh 14 hari hingga tiga bulan. Plasma darah penyintas infeksi Covid-19 yang disebut plasma konvalesen ini, sangat bermanfaat bagi proses kesembuhan pasien Covid-19 yang masih dalam masa perawatan.

Selain itu, Doni juga berterima kasih kepada dokter di rumah sakit, tim dokter Satgas Covid-19 dan BNPB atas segala dukungan dan perhatian yang telah diberikan.

“Termasuk doa kawan-kawan, doa dari masyarakat demi kesembuhan saya,” ujar Doni.

Dikesempatan yang sama, Ketua Bidang Pelayanan Darah PMI Linda Lukitari, yang mendampingi Doni saat donor plasma menyampaikan ihwal 15 kriteria inkluasi donor plasma konvalesen. Antara lain, berusia antara 18 sampai 60 tahun. Berat badan minimal 55 kg.

“Yang tak kalah penting, ada pernyataan sembuh dari pihak rumah sakit,” kata Linda Lukitari. [Jose Tarigan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>