Soal Cak Imin Capres 2024, PKB: Tunggu Kejutan yang Muncul di Mukernas


Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Foto: Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar Munas Alim Ulama dan Mukernas pada Kamis (8/4) besok. Ketua DPP PKB Faisol Reza mengatakan, agenda utamanya bukan untuk mendeklarasikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon presiden 2024. Namun, semua tergantung bagaimana kejutan dari pengurus wilayah.

“Tetapi kita belum tahu kejutan-kejutan yang bisa muncul dalam Mukernas besok karena masing-masing wilayah seperti DPW memiliki pikiran barangkali akan disampaikan ke DPP terkait perkembangan politik. Tentu kami tidak bisa mengelak,” ujar Faisol di DPP PKB, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Ditanya apakah PKB akan menyiapkan Cak Imin sebagai calon presiden 2024, Faisol bilang saat ini belum dibahas. Pihaknya tidak ingin fokus terhadap pandemi dan pemulihan ekonomi terganggu karena isu politik 2024.

“Belum tahu yang itu, kita serahkan kepada Mukernas besok,” tegasnya.

Faisol menegaskan PKB saat ini belum mau membicarakan isu calon presiden 2024. Meski beberapa partai lain sudah ada yang membahas.

Dia bilang, saat ini merupakan momentum untuk mendukung pemerintah melaksanakan kebijakan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Kita sebagai bagian bangsa ini partai politik, betul-betul mendukung pemerintah melaksanakan kegiatan pemulihan ekonomi, menjauhkan kita dari semua isu politik yang justru akan membuat hubungan kita di antara parpol, maupun elemen bangsa itu terganggu. Karena itu kami rasa isu-isu mengenai politik sementara kita kesampingkan,” kata Faisol.