Optimalkan Program Bangga Kencana, Komisi IX: Perlu Peran Semua Pihak


dpr, charles, honoris, komisi ix,
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris./Ist

AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris  mengatakan untuk mewujudkan  Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tidak bisa dilakukan satu pihak, namun  memerlukan peran semua pihak.

“Kita semua memiliki peran penting untuk bersama-sama dengan pemerintah, ikut serta merealisasikan Bangga  Kencana,” ungkapnya saat acara Sosialisasi, Advokasi dan KIE Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja, di Jakarta Barat, (29/4/2021).

Dirinya menjelaskan, program Bangga Kencana merupakan program yang bertujuan untuk mengarahkan agar para keluarga mempunyai rencana berkeluarga, punya anak, pendidikan dan sebagainya.

“Perencanaan itu sangat penting dalam upaya  membangun  keluarga  yang  sehat,  produktif,  berkualitas,  bahagia  dan sejahtera,”jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Direktur Advokasi Hubungan Antar Lembaga Wahidah Paheng dalam materinya menyatakan bahwa program Bangga Kencana memiliki 3 aspek yang harus kita laksanakan salah satunya bagaimana membina keluarga balita dan anak, bagaimana membina keluarga remaja dan bagaimana membina keluarga lansia.

“BKKBN tidak hanya melakukan penggarapan terhadap pasangan usia subur (PUS) juga, tapi mempunyai tugas dalam rangka untuk peningkatan kualitas SDM, salah satunya melalui pemberdayaan Lansia.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini para kader mempunyai pedoman dan petunjuk dalam rangka pendampingan perawatan bagi keluarga yang mempunyai lansia di wilayahnya masing-masing.

“Diharapkan sosialisasi dan kegiatan ini para Lansia tersebut bisa menjadi Lansia tangguh, mandiri dan berdaya,” pungkasnya. [Jose Tarigan/Ari]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>