Buntut Kasus Pelecehan, Jenderal Angkatan Udara Korsel Mundur


Kepala Staf Angkatan Udara Korea Selatan Jenderal Lee Seong-yong

Kepala Staf Angkatan Udara Korea Selatan Jenderal Lee Seong-yong mengajukan pengunduran diri buntut dari kasus pemerkosaan yang dilakukan anak buah.

Lee mengajukan pengunduran diri pada Jumat (4/6). Dia menyampaikan permintaan maaf dan menegaskan bertanggung jawab kejadian itu.

Anak buah Lee yang berpangkat sersan kepala ditangkap pada Kamis (3/6) atas tuduhan pelecehan seksual dan melukai seorang rekan kerja wanita.

Korban merupakan sesama prajurit di kesatuan dan memiliki pangkat yang sama. Perempuan tersebut memutuskan bunuh diri pada bulan Mei lalu.

Korban menderita tekanan mental dan minta dipindahkan ke pangkalan lain.
Baca juga: 7 Negara Kaya Peringati China Tak ‘Cari Ribut’ dengan Taiwan

Seperti dikutip dari Reuters, sersan pelaku diduga melecehkan wanita itu di mobil ketika dalam perjalanan kembali ke markas usai makan malam pada bulan Maret.

Jenderal Lee Seong-yong dalam sebuah pernyataan meminta maaf atas kematian korban dan menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga.

“Saya mengambil tanggung jawab berat atas rantai situasi dan menawarkan pengunduran diri saya pada 4 Juni,” kata Lee.

Kasus tersebut sempat menggemparkan publik setelah keluarga wanita itu mengajukan petisi ke kantor kepresidenan pada hari Selasa. Mereka menuntut penyelidikan menyeluruh dan hukuman bagi mereka yang terlibat.

Keluarga wanita itu menuduh Kesatuan Angkatan Udara berusaha menutupi kejadian kejadian.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>