Cegah Banjir di Jakarta, Anies Siapkan 3 Langkah


Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan (Foto (JP/Wienda Parwitasari)

AKTUALITAS.ID – Gubernur DKI Anies Baswedan menanggapi ancaman banjir, menyusul hujan ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Menurut Anies, ancaman tersebut saat ini sudah diantisipasi Pemprov DKI dengan mereka skenario pembagian tugas dengan tiga langkah.

“Pertama menyusun skenario siapa mengerjakan apa, sehingga ketika ada kejadian. Kita bisa mendistribusikan pekerjaan dengan baik. Kedua, memastikan tugas dijalankan. Kemudian, menyiapkan pompa mobile,” kata Anies dalam keterangan diterima, Minggu (31/10/2021).

Anies menambahkan, pada tahun lalu Pemprov DKI sudah menggunakan simulasi terhadap ancaman banjir. Simulasi itu diklaim Anies berhasil menyiasati genangan dan banjir pada Februari kemarin.

“Ketika terjadi hujan melampau kapasitas daya tampung, otomatis (ada) genangan dan banjir, maka target untuk bisa mengeringkan itu bisa tercapai. Kenapa? Karena semua sumber daya dikerahkan,” yakin Anies.

Soal pompa mobile, Anies menjelaskan, Tim Damkar sudah bersiap untuk bertugas dengan tangki penyiraman air dikerahkan untuk menarik air genangan.

“Jadi surutnya bukan semata-mata gravitasi, tapi karena ditarik oleh pompa. Itu semua memerlukan manajemen, semuanya memerlukan skenario, itu semua memerlukan simulasi, dan itu yang kita kerjakan,” jelas Anies.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>