Per Hari, Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Surabaya Naik 3.000


Bandara internasional Incheon di Korea Selatan. Foto: commons.wikimedia.org

AKTUALITAS.ID – Jumlah penumpang di Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, meningkat jelang pergantian tahun.

Rata-rata penumpang pesawat tadinya 18 ribu penumpang per hari pada Oktober 2021. Pada November 2021, jumlahnya mencapai 21 ribu penumpang per hari.

General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar menyebut dibanding dengan trafik penumpang pada Oktober terjadi pertumbuhan hingga 18 persen per hari pada pertengahan November.

“Di November, rata-rata per hari kami melayani 21 ribu penumpang. Sementara, di Oktober, rata-rata 18 ribu penumpang per hari,” ujarnya di Surabaya, Jumat (19/11/2021).

Secara keseluruhan, jumlah trafik penumpang pada Januari-Oktober 2021 mencapai 4,50 juta, dengan komposisi 4,42 juta penumpang penerbangan domestik, dan 78.143 penumpang penerbangan internasional.

Sisyani menuturkan bahwa sejak awal November, jumlah penumpang harian tertinggi mencapai 24 ribu penumpang. Sementara, pada bulan sebelumnya tercatat 21 ribu.

Tren peningkatan jumlah penumpang harian ini mulai nampak sejak diberlakukannya penggunaan swab antigen sebagai syarat terbang untuk penumpang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali atau vaksin penuh.

“Sejak awal November, pemerintah memberlakukan swab antigen selain RT PCR. Hal ini berdampak positif pada dunia industri penerbangan,” terang dia.

Selain itu, harga pemeriksaan RT PCR pun menjadi lebih terjangkau, sehingga membuat animo masyarakat pelaku perjalanan meningkat menggunakan transportasi udara.

“Kami berharap dan optimis jumlah penumpang terus meningkat hingga akhir tahun nanti,” terang Sisyani.

Adapun, jumlah pergerakan pesawat mencapai 44.640, dengan komposisi 42.697 pesawat untuk penerbangan domestik dan 1.943 pesawat untuk penerbangan internasional.

Jumlah pergerakan pesawat harian tertinggi pada November sebanyak 200 pesawat, dan bulan sebelumnya mencapai 173 pesawat.

Sedangkan, untuk pelayanan kargo mencapai 52,21 juta kilogram (kg), dengan komposisi 44,97 juta kg kargo penerbangan domestik dan 12,24 juta kg kargo penerbangan internasional.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>