Antisipasi Lonjakan Omicron, Pemprov Jabar Siapkan Sejumlah Faskes


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan pidato pelatihan relawan penanggulangan COVID-19 di SMKN 3, Bandung, Jawa Barat, Senin (19/10/2020). Pemprov Jawa Barat bersama BNPB dan Satgas COVID-19 menggelar pelatihan yang diikuti oleh tiga ribu orang dari berbagai organisasi dan instansi di Jawa Barat guna memberikan edukasi pada masyarakat sehingga laju pertambahan dan perkembangan kasus COVID-19 di provinsi tersebut dapat menurun. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi kemungkinan melonjaknya kasus omicron di Jawa Barat. Langkah yang diambil adalah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) seperti rumah sakit dan kebutuhan lainnya.

Pria yang biasa disapa Emil ini menyebut penyiapan tersebut menjadi sesuatu hal yang oleh pihaknya perhatikan, mengingat kasusnya saat ini sudah mengalami kenaikan, termasuk di Jawa Barat.

“Rumah sakit, (tempat) isolasi terpadu, oksigen sudah kita siapkan,” katanya usai meresmikan Alun-alun Garut, Minggu (23/1/2022).

Emil mengungkapkan bahwa varian baru Covid-19 itu diketahui 100 persen merupakan berasal dari mereka yang sebelumnya berkunjung ke negara yang sudah ada omicronnya.

Mereka yang terpapar saat melakukan perjalanan di luar negeri, saat pulang tidak termonitor baik sehingga kemudian masuk ke Indonesia.

“Di Jawa Barat,mayoritas adanya di Bogor, Depok, dan Bekasi,” ungkapnya.

Untuk wilayah Priangan Timur, Emil menyebut bahwa pihaknya belum menerima laporan adanya warga yang terpapar omicron.

“Hanya sedikit juga di Kabupaten Bandung. Jadi, insyaAllah kami siap (melakukan penanganan),” tutupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>