Jelang Ramadhan Wagub Minta Kesediaan Pangan Jangan Sampai Hilang


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri ketersediaan bahan pokok menjadi hal rutin yang harus diperhatikan dan diusahakan jangan sampai hilang.

“Itu dulu yang paling penting. Harus ada, jangan sampai kurang apalagi hilang,” kata Riza Patria, di Balai Kota Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Riza menjelaskan, tahapan yang diutamakan saat ini adalah keterjangkauan harga sesuai daya beli masyarakat. Hal itu akan dilakukan meski ada kenaikan harga saat permintaan barang meningkat.

“Kita minta semua pengusaha bisa memahami jangan ada yang menimbun. Kami minta aparat menindak tegas bagi siapa saja yang menimbun bahan pokok menjelang Ramadhan maupun Idul Fitri nanti,” tuturnya.

Riza memaparkan, langkah rutin selalu dilakukan dengan baik sesuai rencana. Menurutnya, Pasar Jaya juga terus melakukan monitoring serta pemantauan hingga evaluasi secara berkala.

“Itu tugas kita bersama. Itu yang namanya pemerintah daerah, kan harus mengetahui apa yang terjadi di daerah,” ucap dia.

Sebelumnya, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, menyoroti ketersediaan bahan pangan khususnya jatah impor gandum dari Ukraina ke DKI Jakarta, yang terganggu karena konflik dengan Rusia.

Gilbert meminta, Pemprov DKI Jakarta tidak berdiam diri dengan adanya pasokan yang terganggu itu. “Impor gandum diatur Pemerintah Pusat. Sebaiknya Pemprov DKI koordinasi agar pasokan ke DKI tidak berkurang dan membuat harga pangan naik,” kata Gilbert.

Meski harga pangan lainnya, termasuk gandum, kata Gilbert, dipastikan naik dampak jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Pemprov DKI diminta mengantisipasi lebih jauh, terlebih saat kenaikan harga yang tinggi dinilainya sebagai kegagalan dari pihak terkait.

Pemprov DKI dalam koordinasi dengan pusat, bisa mengupayakan pembukaan kran impor dari negara lain, khususnya dengan BUMD terkait di DKI Jakarta.

“Gandum melimpah di luar negeri, karena pertanian mereka maju dan itu makanan utama di sana,” ucap dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>