Jokowi: Jakarta Kita Perbaiki, Bukan Ditinggalkan


Presiden RI Joko Widodo/AKTUALITAS.ID/ Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah tidak akan meninggalkan Jakarta usai ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim). Ia mengatakan bahwa pemerintah justru akan memperbaiki Jakarta.

“Jakarta pun akan kita perbaiki, bukan ditinggalkan. Jangan ada sebuah persepsi itu,” kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas Pembahasan IKN di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/3/2021).

Jokowi mengatakan bahwa Pulau Jawa memikul beban yang sangat berat. Ia ingin beban tersebut dibagikan ke daerah-daerah lain agar merata. Ia menyebut 56 persen penduduk Indonesia ada di Pulau Jawa.

“Tolong yang disampaikan urusan pemerataan PDB ekonomi, urusan ketimpangan wilayah antara Jawa dan luar Jawa, urusan mengenai padatnya populasi di Jawa,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia meminta kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono agar melibatkan warga lokal dalam membangun Ibu Kota Nusantara.

“Saya harapkan nanti Otorita juga bisa untuk deputinya merekrut orang daerah sehingga keterlibatan masyarakat di daerah betul-betul kita libatkan,” ucap dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>